nusabali

PTSL di 6 Desa Nihil Realisasi

  • www.nusabali.com-ptsl-di-6-desa-nihil-realisasi

Target PTSL awal sebanyak 18.000 bidang, diturunkan jadi 7.000 bidang.

AMLAPURA, NusaBali
Realisasi Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) di 44 desa di Karangasem tidak berjalan maksimal.

Terbukti realisasi PTSL di 6 desa nihil. Ke enam desa itu yakni Desa Bukit Kecamatan Karangasem, Desa Selumbung Kecamatan Manggis, Desa Tianyar Tengah, Desa Tianyar Barat, Desa Dukuh Kecamatan Kubu, dan Desa Tista Kecamatan Abang. Target PTSL di Karangasem sebanyak 7.000 bidang, hingga Agustus terealisasi 1.095 bidang.

Kepala Kantor Pertanahan Karangasem I Gusti Putu Darma Astika mengatakan, masyarakat kurang antusias dengan PTSL. Petugas Kantor Pertanahan Karangasem telah mendatangi warga ke desa-desa, namun banyak kendala di lapangan. Target PTSL awal sebanyak 18.000 bidang dan diturunkan jadi 7.000 bidang. “Realisasi hingga Agustus 2022 sebanyak 1.095 bidang,” ungkap Gusti Putu Darma didampingi Kasi Penetapan Hak dan Pendaftaran I Gede Irwan, Jumat (12/8).

Menurut Gusti Putu Darma, petugas Kantor Pertanahan Karangasem sudah dua kali mendatangi warga namun tak ada respon. Desa Duda Utara Kecamatan Selat, Desa Pesedahan Kecamatan Manggis, Desa Kertamandala Kecamatan Abang, dan Desa Bungaya Kangin Kecamatan Bebandem capaiannya hanya satu berkas. Padahal syarat ikut PTSL mudah. Warga hanya bawa riwayat penguasaan lahan, silsilah, KTP, dan bukti kepemilikan. Kenyataannya di lapangan, anggota keluarga ada yang tinggal di luar Bali dan sulit didatangkan, objek tanah ternyata milik desa adat, di samping antar anggota keluarga belum sepakat.

Gusti Putu Darma mengatakan, masyarakat terkesan belum memahami manfaat PTSL. Padahal berkat PTSL status hukum tanah menjadi jelas, menghindari sengketa, dan sertifikat bisa dijaminkan. Petugas yang menangani PTSL dibagi tiga tim. Tim I dikoordinasikan Made Ambara Jaya, Tim II dikoordinasikan Irwan, dan Tim III dikoordinasikan Kiarsyah Mirza Syahputra.

Wilayah kerja Tim I yakni Kecamatan Bebandem, Kecamatan Karangasem, dan Kecamatan Abang. Tim II di Kecamatan Manggis, Kecamatan Rendang, dan Kecamatan Selat. Tim III di Kecamatan Abang, Kecamatan Sidemen, dan Kecamatan Kubu. *k16

Komentar