nusabali

Puluhan Peserta Gerak Jalan 17 KM Tumbang

  • www.nusabali.com-puluhan-peserta-gerak-jalan-17-km-tumbang

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 94 orang peserta lomba gerak jalan 17 Kilometer Dewasa Putri tumbang di tengah perjalanan. Mereka terpaksa harus dimasukkan ambulan Buleleng Emergency Service (BES) dan ditangani di posko Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buleleng, Rabu (10/8) sore.

Kepala Markas PMI Buleleng, Made Pasek Yasa menyebutkan peserta gerak jalan yang pingsan di tengah jalan rata-rata karena dehidrasi. Sebab cuaca saat menempuh rute gerak jalan sejauh 17 KM cukup terik. Sebagian dari peserta yang mengalami dehidrasi akhirnya berujung sesak napas dan jatuh pingsan.

Bahkan 3 orang diantaranya harus dirujuk ke rumah sakit setelah mendapatkan pertolongan pertama di posko PMI. “Yang dirujuk ada, karena tingkat dehidrasinya tinggi sehingga harus mendapatkan cairan infus, tetapi biasanya perawatannya tidak sampai lama. Memang dari semua kategori yang rentan dan banyak pingsan biasanya yang dewasa putri ini,” ucap Pasek.

PMI Buleleng pun sudah mengantisipasi dini potensi tersebut dengan menambah relawan yang stand by dan juga mendirikan 5 posko PMI di sepanjang rute yang dilalui peserta gerak jalan. Sementara itu lomba gerak jalan 17 KM dewasa putri diikuti oleh 40 regu dari SMA/SMK dan Perguruan Tinggi yang ada di Buleleng. Lomba gerak jalan ini pun menjadi favorit tontonan masyarakat Buleleng yang meluber memadati sepanjang jalan yang dilalui.

Namun Ketua Panitia Lomba Gerak Jalan, Putu Nova Anita Putra menegaskan kembali kepada suporter regu gerak jalan agar jangan sampai mengganggu barisan. Terlebih melakukan konvoi dan menggunakan knalpot brong. Jika ditemukan pelanggaran tersebut, juri tidak segan mengurangi nilai regu yang didukung dan penindakan hukum dari kepolisian untuk kelengkapan kendaraannya.

“Dari awal kami ingatkan kepada peserta, tadi sebelum start juga ditegaskan kembali melarang suporter mengekor peserta. Masing-masing regu juga dikawal satu orang TNI dan Polri,” kata Nova yang juga Wakil Ketua III KONI Buleleng ini. Peserta lomba disebut Nova menempuh rute sejauh 17 kilometer yang dimulai dari Jalan Udayana, Jalan Ngurah Rai, Jalan Letkol Wisnu, Jalan Gajah Mada, Jalan Gempol, Jalan Pulau Komodo, Jalan Surapati, Jalan Erlangga, Jalan Imam Bonjol, Jalan Dr Sutomo, Jalan Ahmad Yani, Finish Etape Jalan Kartini. Lanjut etape kedua Start di Jalan Kartini menuju Jalan Udayana, Jalan Sudirman, Jalan Ahmad Yani, Jalan Desa Pemaron, Jalan Laksamana, Jalan Pahlawan, Jalan Ngurah Rai kemudian finish di Jalan Udayana tepat depan GOR Bhuana Patra Singaraja. *k23

Komentar