nusabali

Estimasi 1.000 Pelanggan, Baru Mendaftar 400 Calon Pelanggan

Perumda Buka Layanan Air Bersih di Tiga Desa Kawasan Kintamani

  • www.nusabali.com-estimasi-1000-pelanggan-baru-mendaftar-400-calon-pelanggan

BANGLI, NusaBali 

Perumda Tirta Danu Arta membuka layanan ke Desa Suter, Desa Abang Batu Dinding, dan Desa Abang Songan di Kecamatan Kintamani. Launching pelayanan air minum di tiga desa ini digelar pada Mei lalu. Estimasi calon pelanggan sebanyak 1.000 pelanggan. Hingga saat ini baru mendaftar 400 calon pelanggan.

Kabag Umum dan Keuangan Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Bangli, Gusti Agung Jelantik Sutha Baskara mengatakan, estimasi jumlah pelanggan di Desa Suter, Desa Abang Batu Dinding, dan Desa Abang Songan sebanyak 1.000 pelanggan. “Yang sudah mendaftar masih jauh dari harapan, baru 400 calon pelanggan. Jika melihat potensi di tiga desa, bisa menjaring 1.000 lebih pelanggan,” ungkap Gusti Jelantik Baskara, Selasa (9/8). 

Menurut Gusti Jelantik Baskara, calon pelanggan sudah diberi keringanan biaya sambungan baru. Perumda Tirta Danu Arta bekerja sama dengan BPR Bank Daerah Bangli. Calon pelanggan bisa mengakses kredit biaya sambungan baru. “Tarif sambungan baru bervariasi, normalnya Rp 2,6 juta. Jika ada pekerjaan menggali terowongan tarifnya Rp 3,2 juta,” jelas Gusti Jelantik Baskara. 

Gusti Jelantik Baskara menjelaskan, agar air bisa langsung mengalir di tiga desa perlu membangun jaringan sekunder. Pembuatan jaringan sekunder dengan anggaran Rp 3 milair lebih. “Sesuai rencana awal, uang sambungan baru yang terkumpul digunakan buat jaringan sekunder. Namun belum bisa dilaksanakan karena calon pelanggan minim,” ujarnya. 

Terpisah, Perbekel Desa Abang Batu Dinding, Made Diksa mengatakan untuk menjaring calon pelanggan, kepala kewilayahan sudah melakukan pendataan. “Hingga pertengahan bulan Agustus baru tercatatat 500 calon pelanggan,” jelas Made Diksa. Dia menargetkan hingga bulan September bisa tuntas pendataan calon pelanggan. Made Diksa yakin jumlah calon pelanggan bisa capai 1.000 pelanggan. *esa

Komentar