nusabali

Lahan Seluas 50 Are di Tepi Pantai Darma Winangun Terbakar

  • www.nusabali.com-lahan-seluas-50-are-di-tepi-pantai-darma-winangun-terbakar

AMLAPURA, NusaBali 

Lahan seluas 50 are di pantai Banjar Darma Winangun, Desa Tianyar Timur, Kecamatan Kubu, Karangasem terbakar, Senin (8/8) sekitar pukul 18.46 Wita.

Kebakaran diduga ada warga membakar lahan untuk penggaraman di pantai. Kobaran api merembet dan membakar semak-semak di lahan sekitarnya. Kebakaran lahan dilaporkan Perbekel Desa Tianyar Timur I Ketut Wija.

Sebanyak 11 petugas pemadam kebakaran (Damkar) dengan 4 unit kendaraan meluncur ke lokasi kejadian. Pemadaman kebakaran dipimpin Kadis Pemadam Kebakaran Karangasem I Nyoman Siki Ngurah didampingi Kasi Pemadam Kebakaran Penyelamatan dan Evakuasi (PKPE) Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem I Wayan Putu Darma Kartika. Anggota Polsek Kubu, anggota Koramil Kubu, dan turut membantu padamkan api.

Nyoman Siki Ngurah mengatakan, kebakaran terjadi diawali adanya warga bakar-bakar tempat penggaraman. Percikan api diterbangkan angin dari arah pantai sehingga membakar lahan sekitarnya yang kering dan gersang. “Kami melakukan pemadaman hingga pendinginan menghabiskan 8.500 liter,” jelas Nyoman Siki Ngurah. Dia mengimbau warga menunggui api saat membakar sampah agar api tidak menjalar ke lahan sekitarnya. Apalagi kondisi kering dan tiupan angin cukup kencang dari arah pantai. *k16

Komentar