nusabali

Cuaca Normal, Nelayan di Tabanan Kembali Melaut

  • www.nusabali.com-cuaca-normal-nelayan-di-tabanan-kembali-melaut

TABANAN, NusaBali 

Setelah sempat menambatkan perahu dan jukung, nelayan Kabupaten Tabanan kembali melaut sejak sepekan kemarin.

Hal ini seiring dengan gelombang di Selat Bali kondisinya sedang berkisaran 0,5 meter hingga 2 meter. Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Tabanan I Ketut Arsana Yasa alias Sadam, menerangkan nelayan Tabanan sudah mulai melaut. Namun mulainya mereka melaut tak dibarengi dengan jumlah tangkapan ikan. “Sudah mulai pekan kemarin, karena cuaca sudah stabil,” kata Sadam, Selasa (9/8). 

Menurut Sadam, dalam rentang Juli hingga Agustus kondisi hasil tangkapan tidak bagus. Lobster, ikan dorang hingga ikan tengiri belum musim. “Tetapi ada peluang untuk sekarang nelayan menangkap lobster. Mereka ini masih coba-coba,” jelas Sadam yang juga anggota DPRD Tabanan dari Fraksi PDIP. 

Sementara itu sebelumnya data di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tabanan, tercatat terjadi tren peningkatan Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan. Yakni, dari 85 KUB nelayan pada awal 2022, kini sudah bertambah menjadi 88 KUB nelayan dengan rata-rata per kelompok KUB beranggotakan 10-12 orang. Kini secara total jumlah nelayan di Kabupaten Tabanan tercatat 1.247 orang.

Peningkatan KUB ini kemungkinan disebabkan regenerasi dari turun temurun yang sebelumnya merupakan seorang nelayan. Selain itu mungkin karena lapangan pekerjaan yang menjanjikan, sehingga tertarik menjadi nelayan. *des

Komentar