nusabali

BPBD Kebakaran Bantu Korban Kebakaran di Penarukan

  • www.nusabali.com-bpbd-kebakaran-bantu-korban-kebakaran-di-penarukan

SINGARAJA, NusaBali
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Lingkungan Ketewel, Kelurahan Penarukan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Selasa (9/8).

Vaksinasi booster dosis keempat ini penting untuk nakes. Karena mereka garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng berupaya secepat mungkin menuntaskan vaksinasi booster kedua untuk seluruh nakes.

Koordinator Bidang Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng, Ketut Suwarmawan mengatakan hingga Selasa (9/8) kemarin, dari sekitar 4.149 nakes, 2.317 di antaranya sudah divaksinasi booster dosis kedua. "Artinya, capaian vaksinasi booster dosis kedua sudah mencapai sekitar 58 persen. Kami targetkan secepatnya selesai dalam minggu ini," ujar Suwarmawan.

Suwarmawan menjelaskan, vaksinasi booster dosis kedua tengah digenjot untuk nakes agar mereka lebih aman dalam memberikan pelayanan kesehatan. "Kami mengejar nakes lebih awal vaksinasi booster dosis kedua untuk menyiapkan agar lebih aman lagi dalam melakukan pelayanan kesehatan maupun vaksinasi kepada masyarakat. Karena kasus Covid-19 belakangan ini kembali naik," ujarnya.

Menurut Suwarmawan, seluruh nakes yang bertugas di Buleleng akan divaksinasi booster dosis kedua. Baik nakes yang bertugas di fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta. Vaksinasi booster dosis kedua ini juga tak hanya diberikan kepada nakes yang bertugas di RS rujukan Covid-19 saja. "Karena pelayanan kesehatan manapun tidak menutup kemungkinan bersinggungan dengan pasien Covid-19," jelasnya.

Pihaknya pun menjamin ketersediaan stok vaksin agar seluruh nakes divaksinasi booster dosis kedua. "Stok vaksin saat ini mampu mencakup sekitar 4.800-an orang. Stok vaksin untuk booster dosis kedua ada sekitar 168 vial, 1 vial untuk 14 dosis. Sedangkan vaksin booster dosis kedua ini hanya menggunakan setengah dosis. Jadi sangat mencukupi," katanya.

Terkait vaksinasi booster untuk masyarakat umum, Suwarmawan mengaku masih menunggu arahan dari Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali. "Untuk masyarakat umum, kami masih menunggu dari Satgas Provinsi. Yang pasti, kami prioritaskan vaksinasi booster dosis kedua untuk nakes dulu," tandasnya.*mz

Komentar