nusabali

Dua Perenang Pensiun, Buleleng Terancam Kehilangan Emas Porprov

  • www.nusabali.com-dua-perenang-pensiun-buleleng-terancam-kehilangan-emas-porprov

SINGARAJA, NusaBali
KONI Buleleng terancam kehilangan medali emas pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022, November mendatang.

Pasalnya dua perenang andalannya, Eva Lilian Van Leenan dan Muhammad Fauzan Athaya Martsah memutuskan pensiun dan kini menjadi pelatih. Kondisi tersebut membuat Pengurus Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Buleleng cukup berat, terutama mencari pengganti Lilian dan Fauzan.

Demikian disoroti Ketua Umum KONI Buleleng I ketut Wiratmaja saat membuka Singaraja Cup III di Kolam Renang Nirmala Asri, Minggu (7/8). Dia pun menegaskan kepada PRSI Buleleng agar menciptakan Lilian dan Fauzan baru dan memiliki kemampuan setingkat kedua atlet PON tersebut.

“Lilian dan Fauzan menyatakan tidak lagi memperkuat Buleleng karena beralih menjadi pelatih. Kami meminta PRSI menciptakan Lilian-Lilian lain, Fauzan-Fauzan baru untuk memperkuat kontingen Buleleng,” kata Wiratmaja.

Tuntutan KONI Buleleng kepada Pengurus PRSI Buleleng disebutnya sangat pantas. Sebab Pemerintah Kabupaten Buleleng menyiapkan kolam renang Nirmala Asri yang paling representatif di Bali karena berstandar nasional. Ketersediaan sarana tersebut ditekankan Wiratmaja dapat dimanfaatkan PRSI Buleleng mempersembahkan prestasi terbaiknya.

“Beberapa atlet renang selain dua andalan kita sudah mulai muncul dan meraih juara beberapa ajang. PRSI harus memupuk bibit-bibit unggulan dan tetap berkomunikasi dengan orangtua atlet yang bersemangat mendukung anak-anak berprestasi,”kata Wiratmaja.

Sementara Ketua Harian PRSI Buleleng, Made Sumarga Jaya mengatakan, kehilangan sosok Lilian dan Fauzan memang bukan perkara mudah bagi pihaknya. Namun pengurus tetap berupaya menyiapkan atlet terbaik mewakili Buleleng dalam Porprov. Menurutnya, sejauh ini PRSI Buleleng memiliki gambaran beberapa atlet yang berani tampil dan meraih medali di kejuaraan nasional.

“Kemarin atlet kami berhasil mendapatkan medali di event nasional dan ini harapan bagi kami setelah atlet andalan pensiun. Target tidak muluk-muluk, tetapi tetap berupaya maksimal. Dengan kekuatan atlet-atlet saat ini kami yakin bisa meraih 1 emas, dua perak dan 2 perunggu,” kata Sumarga.

Sementara itu, salah satu upaya tersebut lewat seleksi atlet Porprov dilakukan PRSI Buleleng dengan menggelar Singaraja Cup III. Sebanyak 158 perenang dari tujuh klub ikut memperebutkan medali di 98 nomor lomba. Seluruh nomor perlombaan itu dilakukan seharian penuh pada Minggu (7/8) kemarin di kolam renang Nirmala Asri, Kelurahan Banyuasri, Kecamatan/Kabupaten Buleleng. *k23

Komentar