nusabali

Bangli Vaksinasi Anti PMK 15.854 Sapi

  • www.nusabali.com-bangli-vaksinasi-anti-pmk-15854-sapi

BANGLI, NusaBali
Satgas penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Kabupaten Bangli terus memvaksinasi sapi.

Saat ini sudah 15.854 sapi telah divaksinasi. Humas Satgas Penanggulangan PMK Bangli I Wayan Dirgayusa mengatakan, hingga kini capaian vaksinasi PMK di Bangli 15.854. Jumlah tersebut merupakan sapi yang sudah mendapatkan vaksin dosis I dan II. Capaian dosis I sebanyak 15.145 ekor. Sedangkan dosis II capai 709 ekor.

"Pelaksanaan vaksinasi PMK menyebar ke sejumlah desa yang tersebar di empat kecamatan," ungkapnya Minggu (7/8).

Menurut Wayan Dirgayusa, lokasi sararan vaksinasi PMK terbanyak di Kecamatan Susut yakni tujuh desa, yaitu Desa Demulih, Abuan, Susut, Tiga, Apuan, Sulahan, dan Pengiangan. Selanjutnya di Kecamatan Bangli lima desa,  yakni Desa Landih, Pengotan, Kayubihi, Kawan, dan Bunutin. Di Kecamatan Tembuku dua desa, yakni Desa Yangapi dan Peninjoan. Di Kecamatan Kintamani empat desa, yakni Desa Buahan, Kedisan, Suter, dan Abang Batudinding.

Sementara itu, pengoperasian Pasar Hewan Kayuambua, Kecamatan Susut, Wayan Dirgayusa menyebutkan dari pihak Satgas PMK Provinsi Bali sudah mengajukan permohonan pembukaan lalu lintas hewan ternak. Namun pihaknya masih menunggu instruksi lebih lanjut dari Pemprov Bali. "Mudah-mudah dalam dua hingga tiga pekan kedepan jalur perdagangan ternak baik keluar ataupun masuk Bali sudah dibuka. Termasuk pasar hewan," sebutnya. Untuk di Bangli, sampai saat ini tidak ada kasus baru. Terakhir tercatat hanya ada 8 kasus PMK. "Tidak ada kasus lagi, sehingga Bangli sudah masuk zona hijau," ujarnya. *esa

Komentar