nusabali

Penginapan di Nusa Penida Makin Menggeliat

  • www.nusabali.com-penginapan-di-nusa-penida-makin-menggeliat

SEMARAPURA, NusaBali
Kunjungan wisatawan ke Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, terus meningkat. Peningkatan ini berdampak terhadap penyedia jasa penginapan, villa maupun hotel. Karena wisatawan yang berkunjung juga ingin menikmati malam di pulau tersebut.

Namun, sektor penginapan yang masih diserbu berada di dekat pelabuhan, dan dekat dengan objek wisata itu sendiri. Menurut seorang pemilik penginapan Ketut Kusetyawan, di Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, kini sudah menjamur penginapan dekat objek wisata, salah satunya Pantai Kelingking. Sehingga wisatawan tidak perlu jauh-jauh mencari objek wisata dari tempat menginap. "Kalau lokasi penginapan saya agak dengan obyek wisata Pantai Kelingking, jadi yang menginap belum begitu banyak," ujar Kusetyawan.

Selain itu, harga sewa kamar justru anjlok karena persaingan yang tidak sehat. Kusetyawan mengaku menawarkan sewa kamar untuk tiga kamar Rp 725.000 per malam. Jika saat sebelum pandemi, harga sewa per kamar mencapai Rp 400.000 per malam. "Setidaknya saat ini sudah ada pesanan untuk tiga kamar pada pertengahan Agustus 2022 mendatang," ujar Kusetyawan, Jumat (5/8).

Saat ini Kusetyawan juga sedang berbenah menata kembali fasilitas penginapan setelah dua tahun mangkrak akibat dampak pandemi Covid-19. Mulai dari menata kebun, memperbaiki fasilitas lainnya seperti toilet,kran air, kunci hingga mengganti pesawat televisi serta mengganti wifi. “Banyak yang harus diperbaiki dan diganti," ujar Kusetyawan.

Para wisatawan ini menyeberang ke Nusa Penida melalui dua arah: Pelabuhan Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, dan Pantai Sanur, Kota Denpasar. Dalam sehari jumlah kunjungan mencapai ribuan orang baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Seperti yang tercatat per 29 April 2022 hingga 3 Mei 2022 mencapai 25.817 orang. *wan

Komentar