nusabali

Pemain Asli Lokal Terancam di Bali United

Andhika Wijaya Digeser Novri Setiawan sebagai Starter

  • www.nusabali.com-pemain-asli-lokal-terancam-di-bali-united

MANGUPURA, NusaBali
Eksistensi pemain lokal di Bali mulai terancam di skuad utama Bali United. Pasalnya, satu-satunya pemain asli Pulau Dewata, Made Andhika Wijaya digantikan Novri Setiawan, saat menjamu RANS Nusantara, di Stadion Kapten Wayan Dipta Gianyar, Kamis (4/8).

Dengan begitu, tidak ada satu pun pemain lokal dalam ‘starter eleven’ skuad Serdadu Tridatu.  Padahal, Otong, panggilan akrab Made Andhika, selalu jadi langganan starter. Pelatih kepala Bali United, Stefano ‘Teco’ Cugurra mengakui ada perombakan dalam sebelas pemain pertama skuad Serdadu Tridatu.

Ya, ada empat perubahan pemain yang diturunkan Teco saat kontra Rans. Bahkan nama-nama pemain yang tidak jadi starter saat lawan PSM Makassar pekan lalu dipercaya tampil sejak menit pertama. Yakni, Novri Setiawan, Haudi Abdillah, Yabes Roni, dan Fadil Sausu yang kembali jadi kapten tim.

Penyegaran yang terjadi dalam skuad Bali United ternyata berbuah manis. Yakni, permainan jadi lebih terbuka dan berbahaya. Haudi dan Novri yang mengisi lini belakang mampu meredam beberapa peluang Rans Nusantara. Meskipun kebobolan dua gol, disiplinnya lini belakang mampu menghindarkan Bali United dari kekalahan.

Begitu juga dengan sektor lini tengah, kembalinya Fadil sebagai jendral lapangan tengah mampu menjaga keseimbangan lini tengah. Pemain bernomor punggung 14 itu mampu memberi umpan matang kepada rekan-rekannya.

Secara statistik Bali United lebih unggul, bukan hanya dari catatan penguasaan bola (55%), tetapi juga akurasi passing dan penciptaan peluang. Sepanjang 90 menit, Fadil dkk mencatatkan total 81% akurasi umpan (334/408) dan menciptakan 13 peluang dan tiga menjadi gol.

"Saya bukan melakukan rotasi pemain sepenuhnya, tetapi lebih kepada menurunkan pemain yang paling siap berdasarkan hasil latihan terakhir sebelum bertanding," kata pelatih asal Brasil itu.

Menurut Teco, pihaknya hanya melihat dari latihan siapa pemain yang lebih siap untuk pertandingan, maka mereka yang akan dipasang sebagai starter. Dia mengganti pemain dari beberapa posisi, bukan hanya Novri menggantikan Andhika saja.

“Ada empat pemain yang bertanding melawan PSM Makassar tidak bermain, dan kami ganti dengan pemain lain," kata Teco.

Menurut Teco, kualitas pemain lain juga bagus dan mungkin memiliki semangat lebih tinggi. Jadi, dirinya berpikir sangat penting supaya ada persaingan sehat di dalam tim juga sekaligus memberi kesempatan pemain lain juga bermain dalam tim.  Berkat susunan pemain dan strategi yang tepat, Bali United kembali bangkit meraih kemenangan keduanya musim ini. *dek

Komentar