nusabali

Istri Sekda Pimpin ILDI Gianyar

  • www.nusabali.com-istri-sekda-pimpin-ildi-gianyar

GIANYAR, NusaBali
Ns Ni Ketut Dwikorawati SKep didapuk menjadi Dewan Pimpinan Wilayah Kabupaten Gianyar Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI).

Istri Sekda Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya ini dikukuhkan oleh DPD ILDI Provinsi Bali di Pade Wareg Eco Park, Kecamatan Tampaksiring, Sabtu (6/8).

ILDI sebenarnya telah ada di Gianyar sejak tahun 2008 namun belum ada struktur kepengurusan. “Di Kabupaten Gianyar Langkah Dansa sudah ada sejak tahun 2008, di bawah pimpinan almarhum Ibu Cok Nindya dan pelatihnya Ibu Budi. Kita selalu mengadakan latihan rutin yang bertempat di Balai Budaya Gianyar. Namun memang secara struktur kepengurusannya belum ada,” terang Dwikorawati.

Menurutnya, sangat tepat jika ILDI Gianyar dibuatkan suatu organisasi yang sah, mengingat banyaknya sanggar ataupun kegiatan yang telah dilakukan ILDI Gianyar. “Tahun 2013 lalu dalam rangka HUT ILDI, kita diminta oleh provinsi menjadi tuan rumah pelaksanaan Senam Massal Nusantara Bersatu yang bisa menghadirkan kurang lebih 1.000 orang dengan melibatkan pegawai dan masyarakat desa yang ada di Kabupaten Gianyar,” lanjutnya.

Bahkan meski dalam hari raya Banyupinaruh tahun 2016, ILDI Gianyar juga mampu menghadirkan 500 orang ikut senam massal Nusantara Bersatu. Begitupula saat pandemi tahun 2021 karena dibatasi setidaknya 100 orang mengikuti dansa massal. Selain itu, ILDI Gianyar juga sering melakukan kegiatan perlombaan yang melibatkan organisasi wanita, OPD, organisasi keprofesian  dan lainnya.

Melihat terbentuknya DPW ILDI Kabupaten Gianyar, Ketua DPRD Kabupaten Gianyar I Wayan Tagel Winarta yang juga menjabat ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Gianyar menyambut baik dan berharap ILDI dapat terus berkembang.

“Sudah sepantasnya DPW ILDI dikukuhkan, agar ada kepastian hukumnya. Karena kegiatannya ada, lombanya ada jadi wadahnya ada. Dan semoga kedepan Langkah Dansa dapat mempersatukan kita semua,”ujarnya.

Dalam memimpin ILDI, Dwikorawati menjelaskan bahwa programnya mengembangkan ILDI dengan mensosialisasikannya melalui kegiatan yang ada car free day.

“Kami punya program kerja jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek, astungkara car free day segera dibuka, sehingga kita bisa berbagi waktu dengan senam aerobik 45 menit untuk melakukan sosialisasi Langkah Dansa agar semakin dikenal oleh masyarakat Gianyar. Nanti masing-masing sanggar akan secara bergilir mengisi untuk memandu Langkah Dansa di car free day,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPD ILDI Provinsi Bali Putu Wirati, mengatakan selama ini kepengurusan ILDI hanya ada di provinsi. Dan DPW ILDI Gianyar merupakan DPW ILDI pertama di Bali.

“DPW ILDI Gianyar merupakan pertama yang ada di Bali, semoga ini memotivasi ILDI kabupaten lainnya untuk membuat kepengurusan DPW ILDI,” terangnya.

Putu Wirati juga berharap dengan terbentuknya DPW ILDI akan membawa dampak positif bagi ILDI dalam memajukan Gianyar ataupun Provinsi Bali. *nvi

Komentar