nusabali

Enjung Galuh Tanah Lot Kembali Dibuka

  • www.nusabali.com-enjung-galuh-tanah-lot-kembali-dibuka

TABANAN, NusaBali
Wisatawan yang ke DTW Tanah Lot punya pilihan foto-foto lebih banyak setelah  Enjung Galuh yang memiliki spot pemandangan laut dibuka kembali.

Kepala Divisi Promosi dan Pengembangan DTW Tanah Lot Ni Made Suarniti mengatakan, dibukanya kembali Enjung Galuh membuat objek ini makin banyak diincar wisatawan. "Sudah buka sejak 1 Agustus, tentunya dengan pengawasan yang lebih ketat," kata Suarniti, Jumat (5/8).

Sebelumnya Enjung Galuh ditutup sejak 2021 menyusul insiden wisatawan dan pemancing  jatuh.  Kini di sudut Enjung Galuh telah dipasang pagar kokoh. Pun telah diberikan tanda agar tidak naik pagar. "Larangan sudah dipasang di sekitar pagar, pengawasan pun kami perketat," akunya.

Sementara kunjungan ke Tanah Lot pada semester I tahun 2022 meningkat mencapai 475.257 wisatawan dibandingkan semester I tahun 2021 yang hanya mencapai 274.037 wisatawan. Peningkatan kunjungan tahun ini lebih banyak yang berkunjung wisatawan domestik dibandingkan wisatawan asing. "Perbandingannya 80 persen dengan 20 persen.  Tetapi untuk asing sekarang sudah ada peningkatan. Yang asing lebih banyak wisatawan Australia, India, Spanyol," beber Suarniti.

Ia pun berharap kunjungan ke Tanah Lot semakin ramai,  terutama kedatangan wisatawan Tiongkok. "Sebelum pandemi wisatawan Tiongkok menempati urutan kedua setelah Australia yang berkunjung. Mudah-mudahan bisa kembali normal sehingga target 1,7 juta kunjungan tahun ini bisa terpenuhi," tandas Suarniti. *des

Komentar