nusabali

Bima Rotasi Pemain saat Timnas U-16 Lawan Vietnam

  • www.nusabali.com-bima-rotasi-pemain-saat-timnas-u-16-lawan-vietnam

SLEMAN, NusaBali
Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Bima Sakti merotasi pemainnya saat melawan Vietnam pada laga pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (6/8), pukul 21.00 WITA.

Bima menyebutkan, beberapa pemain yang ikut menundukkan Singapura 9-0 pada Rabu (3/8), akan diistirahatkan. Bima sendiri tidak menjabarkan siapa saja pemain yang dimaksudnya. Namun ada beberapa nama yang masuk starter saat kontra Filipina, Minggu (31/7), tetapi tidak diikutkan saat lawan Singapura, seperti bek Habil Abdillah Akbar dan Sulthan Zaky Pramana Alasan Bima saat itu, Habil dan Sulthan mengalami sedikit cedera. Namun, Bima menegaskan semua pemainnya siap tempur, kecuali bek Muhammad Yanuar Pallaraeng, yang  cedera pergelangan kaki (ankle).

"Ketika latihan sebelum melawan Filipina, dia sebenarnya sudah merasa sakit di bagian 'ankle'-nya. Namun sekarang ternyata sedikit bengkak jadi kami mengistirahatkannya," kata Bima (46 tahun), di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, Yogyakarta, Jumat (5/8).

Bima Sakti menegaskan dirinya tidak mengalami kesulitan dalam memutuskan siapa yang akan berlaga menghadapi Vietnam. Hal itu karena skuad "Garuda Asia" memiliki pemain dengan kualitas yang tak jauh berbeda.

"Saya menyampaikan kepada pemain, tidak ada pemain inti maupun cadangan. Atmosfer itu pun terbawa dalam sesi latihan. Pemain jadi selalu semangat bertarung untuk menunjukkan siapa yang siap untuk berlaga," kata Bima.

Lebih jauh Bima mengatakan, tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti menjadi salah satu opsi strategi skuadnya saat menghadapi Vietnam. Hal itu untuk mengantisipasi kebuntuan. Apalagi jika umpan-umpan pendek juga tidak berjalan.

Hal itu  membuat Bima memberikan satu sesi khusus tendangan dari luar kotak penalti kepada para pemainnya pada latihan Jumat (5/8).  Menurutnya, Vietnam memiliki organisasi pertahanan yang bagus dan didukung kualitas pemain di atas rata-rata. Mereka juga menerapkan taktik lima bek saat bertahan dan tiga bek saat menyerang.

Selain itu Vietnam memiliki lini depan yang tajam. Hal itu terbukti mereka membuat total 10 gol dan hanya kebobolan satu gol dari dua laga lawan Singapura (menang 5-1) dan Filipina (menang 5-0).

Timnas U-16 saat ini memimpin klasemen Grup A dengan enam poin dari dua laga dan unggul selisih gol (+11) dari Vietnam (+9) dengan poin serupa. So, Indonesia perlu minimal hasil seri dari laga kontra Vietnam untuk lolos ke semifinal. *

Komentar