nusabali

TPS3R Desa Culik Lagi Terbakar

  • www.nusabali.com-tps3r-desa-culik-lagi-terbakar

AMLAPURA, NusaBali
Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) di Banjar Geria, Desa Culik, Kecamatan Abang, Karangasem, kembali terbakar, Rabu (3/8) pukul 21.18 Wita.

Penyebabnya belum diketahui pasti. Sebelumnya TPS3R itu terbakar, 16 Agustus 2019. TPS3R dengan lahan 10 are ini kembali terbakar. Perbekel Culik I Wayan Putu Sedana yang melaporkan kebakaran itu ke Pos Pemadam Kebakaran Karangasem laporan diterima sopir regu 3 I Gede Putu Sudiana, malam itu sebanyak 10 petugas mendatangi lokasi kejadian diangkut 5 unit kendaraan.

Mengingat kobaran api cukup besar membakar tumpukan sampah, maka petugas memerlukan 23.000 liter air untuk memadamkan hingga melakukan pendinginan. Perbekel Sedana mengatakan, belum diketahui penyebab  kebakaran TPs3R itu, api telah membesar membakar sampah. "Saya lihat api telah membesar membakar sampah, makanya langsung laporkan ke Pos Pemadam Kebakaran Karangasem," jelasnya.

Sebelumnya TPS di Banjar Seloni, Desa Culik, Kecamatan Abang yang terbakar, 7 Mei 2021. Kadis Pemadam Kebakaran Karangasem I Nyoman Siki Ngurah mengatakan, untuk menangani kobaran api cukup besar, apalagi yang terbakar merupakan tumpukan sampah sehingga memerlukan air cukup banyak. "Kami bolak-balik mengambil air untuk memadamkan api, hingga menghabiskan 23.000 liter," jelasnya.

Sebab, yang terbakar tumpukan sampah, apinya menjalar hingga ke bawah tumpukan. Setelah dipastikan api telah padam, dan tidak ada lagi sisa-sisa bara api, penanganan dihentikan. Siki Ngurah juga belum mengetahui penyebab kebakaran itu. Apakah ada punting rokok dibuang ke TPS3R atau sebab lain. *k16

Komentar