nusabali

Nakes Tabanan Mulai Booster 2

Tabanan Waspadai Cacar Monyet

  • www.nusabali.com-nakes-tabanan-mulai-booster-2

Sebanyak 4.051 nakes Tabanan mulai menjalani vaksinasi booster kedua yang ditargetkan tuntas pada 11 Agustus mendatang.

TABANAN, NusaBali

Seluruh tenaga kesehatan (nakes) di Tabanan sudah mulai mendapat vaksin booster kedua pada Kamis (4/8). Mereka telah mendapat layanan di masing-masing tempatnya bertugas. Para nakes ini ditarget tuntas vaksinasi booster tersebut 11 Agustus 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr Nyoman Susila menegaskan, nakes di Tabanan sudah mulai divaksin. tercatat sekitar 4.051 nakes yang mendapat layanan vaksinasi booster kedua. "Sudah dimulai hari ini (kemarin). Mereka melaksanakan vaksinasi di masing-masing tempatnya bertugas," akunya.

Untuk melaksanakan vaksinasi booster tersebut, Dinas Kesehatan Tabanan sudah mendapatkan vaksin sekitar 2.000 dosis jenis Moderna. "Kami sudah dapat 2.000 vaksin untuk melayani nakes. Jumlah ini cukup karena vaksin Moderna disuntikkan setengah dosis," terangnya.

Dengan sudah berjalannya vaksinasi ini, nakes diminta tuntaskan pelayanan hingga 11 Agustus mendatang. Tak ada alasan target ini dipercepat, hanya untuk mempercepat proses. "Tidak ada alasan, biar cepat saja, karena kita (nakes) juga melayani vaksinasi untuk masyarakat. Biar tidak berbenturan jadwalnya," tandas dr Susila.

Sejauh ini di hari pertama pelaksanaan vaksinasi belum ada nakes yang ditunda. Mereka mengikuti vaksinasi dalam keadaan prima. "Data total belum bisa dikalkulasi, karena ini datanya menyebar di masing-masing pelayanan kesehatan," ujarnya

Sementara di sisi lain, sembari melakukan pelayanan, Dinas Kesehatan juga siaga terhadap penyakit cacar monyet. Meskipun belum dilaporkan masuk Bali, namun  Tabanan sudah menyiagakan nakes di masing-masing layanan kesehatan. "Kalau ada yang mengarah ke ciri-ciri cacar monyet segera melapor. Kita sudah siaga, perintah siaga ini sudah dari pusat langsung," tambah dr Susila.

Adapun ciri-ciri dari penyakit cacar monyet ini memiliki gejala yang sama dengan cacar air. Terdapat bintik-bintik merah berair, dan lama-kelamaan berubah bernanah dan menimbulkan benjolan di leher,  ketiak, selangkangan akibat pembengkakan kelenjar getah bening.

Gejala lain yang dapat timbul yaitu demam, letih atau lemas, menggigil, sakit kepala, nyeri otot. Gejala awal cacar monyet dapat berlangsung selama 1-3 hari atau lebih. Setelah itu, ruam akan muncul di wajah dan menyebar ke bagian tubuh lain, seperti lengan atau tungkai. *des

Komentar