nusabali

Korlantas Polri dan Jasa Raharja Verifikasi Data Laka Lantas di Bali

  • www.nusabali.com-korlantas-polri-dan-jasa-raharja-verifikasi-data-laka-lantas-di-bali

MANGUPURA, NusaBali.com – Subdit Laka Ditgakkum Korlantas Polri bersama jajaran Ditlantas Polda Bali, PT Jasa Raharja Cabang Bali menggelar rapat terkait Verifikasi Data Laka Lantas Online melalui Integrated Road Safety Management System (IRSMS) Korlantas Polri dan Aplikasi Dasi PT Jasa Raharja yang diadakan di Bali Dynasty Resort, Kuta. Kamis (4/8/2022).

Sebelumnya Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa masalah lalu lintas sudah masalah dunia, terutama terkait masalah keselamatan di jalan. Dimana korban meninggal dunia akibat kecelakaan lebih tinggi dibandingkan korban meninggal dunia akibat perang ataupun Covid-19. Bahkan angkanya terus bertambah.

Karea itu kegiatan verifikasi data kecelakaan juga dirangkaikan dengan  Forum Group Dicussion (FGD) Keselamatan Lalu Lintas di Jalan, serta Monev Patroli Pengawalan.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatnya kualitas keselamatan berlalu lintas di jalan. Kita tahu bahwa kecelakaan lalu lintas di jalan ini angkanya sangat luar biasa, di tahun 2021 ini angkanya 103 ribu lebih terjadi kecelakaan di Indonesia ini, kemudian korban meninggal ada 25 ribu lebih,” jelas Aan.

“Jadi dengan acara ini mudah-mudahan semua stakeholder, para pilar-pilar yang bertanggungjawab dalam menciptakan keselamatan berlalu lintas ini bisa berkolaborasi, bisa bersinergi merencanakan dan mengevaluasi kegiatan yang sudah dilakukan,” terangnya.

Aan menambahkan bahwa di Bali sendiri, dari data Korlantas Polri ada 1.700 lebih kecelakaan dalam tahun 2021 dan korban meninggal sekitar 400 orang.

“Semua pilar mendukung untuk menciptakan kualitas keselamatan lalu lintas di jalan, mulai dari kendaraan yang berkeselamatan, manajemen operasional berkeselamatan, perilaku pengemudi yang berkeselamatan, kemudian jalan yang berkeselamatan, dan pos crash. Artinya penganan lakalantas ini jangan sampai mengakibatkan jatuh korban,” lanjut Aan.

Aan berharapan semua stakeholder di Bali bisa berkolaborasi. Mulai mengaktifkan kembali forum lalu lintas yang ada, sehingga kegiatan-kegiatan untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban berlalu lintas ini bisa direalisasikan.

“Penegakan hukum yang kita lakukan ini untuk melindungi masyarakat untuk meningkatkan keselamatan masyarakat dan juga untuk meningkatkan kepedulian, dan kepatuhan terhadap aturan yang ada,” pungkas Aan.

Acara yang digelar di Kuta ini juga dihadiri oleh Kasubdit Dakgar Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Karsiman, Dirlantas Polda Bali Kombes Pol Ruminio Ardano, para
Kasatlantas Polres, perwakilan dari Bapeda, dan dari staf ahli transportasi.

Komentar