nusabali

69 Guru Dimutasi, 17 Guru Promosi Jadi Kasek

  • www.nusabali.com-69-guru-dimutasi-17-guru-promosi-jadi-kasek

Ada 6 kasek dimutasi jadi guru karena pensiun pada Agustus ini.

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem menggelar mutasi dan promosi jabatan untuk guru di Karangasem. Sebanyak 69 guru dimutasi dan 17 guru promosi sebagai kepala sekolah (kasek). Sementara tiga kasek turun jabatan jadi guru biasa. Kadisdikpora Karangasem, I Wayan Sutrisna menegaskan, mutasi untuk penyegaran bagi guru.

Sutrisna mengatakan, menggelar mutasi guru dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya di tahun 2022 ini sebanyak 180 guru dan 40 kasek memasuki purnatugas. Ada juga kasek meninggal dunia dan minta menjadi guru biasa. “Dua kasek atas permintaan sendiri ingin jadi guru, satu kasek lagi mundur karena sakit,” ungkap Sutrisna didampingi Kabid Tenaga Pendidik dan Kependidikan (TPK) I Gusti Nyoman Parnawa, Selasa (2/8).

Ada juga 6 kasek dimutasi jadi guru karena memasuki pensiun pada Agustus ini. Selebihnya 13 kasek dan 30 guru dimutasi ke tempat tugas baru untuk penyegaran. Kasek yang dikembalikan jadi guru yakni Ida Made Budayana Kasek SDN 5 Karangasem jadi guru SDN 5 Padangkerta, Ni Nyoman Sartini Kasek SDN 7 Bugbug jadi guru SDN 7 Bugbug, I Made Muterana Kasek SDN 2 Seraya Barat jadi guru SDN 2 Seraya Barat, I Wayan Gede Suastika Kasek SMPN 2 Amlapura jadi guru SMPN 2 Amlapura, dan I Gusti Made Tastra Kasek SDN 3 Ababi jadi guru SDN 2 Tribuana.

Di Karangasem hanya ada 4.788 guru tersebar di delapan kecamatan. Masing-masing guru TK sebanyak 418 orang, guru SD sebanyak 3.248 orang, dan guru SMP sebanyak 1.122 orang. Guru SD terdiri dari guru PNS sebanyak 2.510 orang, guru kontrak sekolah 144 orang, guru kontrak daerah sebanyak 234 orang, dan guru PPPK sebanyak 351 orang. Sedangkan guru SMP PNS sebanyak 768 orang, guru kontrak sekolah sebanyak 115 orang, guru kontrak daerah sebanyak 84 orang, dan guru PPPK sebanyak 140 orang. Selebihnya honor daerah provinsi 1 guru dan pengabdi 14 guru. Setiap tahun jumlah guru berkurang karena purnatugas, penambahan tidak ada, dan belum ada rekrutmen PNS. *k16

Komentar