nusabali

Vaksinasi Keempat Bagi Nakes Segera Digelar

  • www.nusabali.com-vaksinasi-keempat-bagi-nakes-segera-digelar

BANGLI, NusaBali
Vaksinasi keempat atau booster dosis kedua akan segera digelar di Bangli. Sasaran vaksinasi keempat yakni para tenaga kesehatan (nakes) di seluruh unit layanan.

Kadis Kesehatan Bangli, I Nyoman Arsana menjelaskan, vaksinasi keempat sudah bisa dilakukan per 29 Juli 2022. Sasarannya adalah nakes di puskesmas, rumah sakit, dan Dinas Kesehatan. Di Bangli ada 1.766 nakes yang tersebar di beberapa instansi. Mulai dari 12 puskesmas, RSU Bangli, RS BMC Bangli, RSJ Provinsi Bali, dan Dinas Kesehatan Bangli.

Vaksinasi yang dilakukan mulai dari dosis pertama hingga ketiga seluruhnya efektif. Tetapi masih diperlukannya vaksinasi keempat bertujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Mengingat virus Corona terus mengalami mutasi. “Ketika dicek di laboratorium mutasi virus ini semakin lemah, kalau imunitas kita meningkat, tidak ada masalah. Itu harapannya dari pemerintah," ungkap Arsana, Senin (1/8).

Alasan nakes diutamakan mendapatkan vaksin dosis keempat juga didasari karena nakes merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Tidak menutup kemungkinan apabila vaksinasi dosis keempat ini diberlakukan pula pada masyarakat umum.

Menurut Kadis asal Desa Songan Kecamatan Kintamani ini, seluruh Kabupaten di Bali, vaksin booster dosis I untuk nakes hampir semuanya menggunakan moderna. Hanya saja saat ini jenis vaksin tersebut jumlahnya terbatas. “Kalau booster dosis I moderna maka dosis II juga diharuskan moderna," terangnya.

Meski saat ini masih menunggu droping dari pemerintah pusat ke Dinas Kesehatan Provinsi Bali, pihaknya yakin dalam waktu dekat vaksinasi keempat dapat terlaksana.

Rencananya vaksin akan didroping pada pekan ini. Selain menunggu suplai logistik, Arsana menunggu dibuka sistem Pcare. Apabila vaksin sudah didroping dan sistem Pcare sudah dibuka, maka pelaksanaan vaksinasi segera dilakukan. Capaian vaksinasi booster I di Kabupaten Bangli baru mencapai 73,86 persen. *esa

Komentar