nusabali

Pemkab Bangli Kembali Tata Anjungan Penelokan

  • www.nusabali.com-pemkab-bangli-kembali-tata-anjungan-penelokan

BANGLI, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Bangli kembali melakukan penataan anjungan Penelokan di Kecamatan Kintamani, Bangli.

Rencana lainnya, menata goa Jepang yang ada di lokasi tersebut. Anggaran yang dikucurkan untuk meningkatkan fasilitas pariwisata di Kintamani mencapai miliaran rupiah.

Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) Bangli, I Komang Ariana mengatakan, penataan anjungan Penelokan di Kecamatan Kintamani meliputi pembangunan lanjutan anjungan, penataan goa Jepang, dan pedestrian. Lantai dua anjungan akan difungsikan sebagai tempat rekreasi terbuka dan lantai bawah untuk ruang komersial. “Lantai bawah untuk coffee shop atau restoran sebagai tempat pengunjung istirahat sambil makan. Dinas Pariwisata selaku leading sector,” jelas Komang Ariana, Minggu (31/7).

Penataan anjungan Penelokan dikerjakan oleh CV Nandini dengan nilai kontrak Rp 5.208.000.000. Pengerjaan selama 160 hari kalender. Terpisah, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli, I wayan Sugiarta mengatakan, penataan anjungan Penelokan untuk menunjang pariwisata Kintamani. “Anjungan nantinya bisa sebagai point center, sebagai lokasi untuk menikmati pemadangan dan swafoto,” jelas Sugiarta. Penataan anjungan merupakan kewajiban dan tanggung jawab pemerintah menyiapkan layanan sarana pendukung pariwisata.

Pemkab Bangli melakukan pungutan retribusi pariwisata, hasil pungutan dikembalikan ke masyarakat dengan menyiapkan sarana pendukung pariwisata.

Terkait kesan pemanfaatan anjungan belum optimal,  Sugiarta beralasan selama pandemi nihil kunjungan wisatawan. Sebelumnya, anjungan dikelola oleh Badan Pengelola Pariwisata. Setelah dibubarkan, pengelolaan pariwisata Kintamani langsung oleh Dinas Pariwisata. “Anjungan akan dimanfaatkan dengan optimal,” tegas Sugiarta. *esa

Komentar