nusabali

4.700 Sapi Sudah Divaksin

Belum Ada Tambahan Kasus Baru di Tabanan

  • www.nusabali.com-4700-sapi-sudah-divaksin

TABANAN, NusaBali
Dinas Pertanian melaporkan belum ada penambahan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Tabanan.

Total yang tercatat PMK baru 3 ekor sapi milik peternak di Banjar Demung, Desa/Kecamatan Kediri, Tabanan. Namun hingga saat ini total sapi yang sudah divaksin sebanyak 4.700 ekor.

Rincian sapi yang sudah divaksin ini adalah, Kecamatan Baturiti 1.000 ekor, Kecamatan Marga 1.100 ekor, Kecamatan Kediri 1.200 ekor, Kecamatan Selemadeg Timur,  512 ekor, Kecamatan Selemadeg 665 ekor.

Selanjutnya Kecamatan Selemadeg Barat 185 ekor, Kecamatan Pupuan 38 ekor. Sementara Kecamatan Penebel, Kecamatan Tabanan, dan Kecamatan Kerambitan masih nihil pelaksanaan vaksinasi karena tidak termasuk kawasan perbatasan.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, I Gde Eka Parta Ariana menjelaskan, kegiatan vaksinasi terus dilakukan. Total sapi yang sudah divaksin berjumlah 4.700 ekor. "Vaksinasi terus kita lakukan, hari Sabtu dan Minggu saja absen, kegiatan vaksinasi karena hari libur," ujar Parta Ariana, Minggu (31/7).

Kata dia stok vaksin saat ini di Tabanan masih tersedia dari 2.000 dosis tambahan vaksin tersebut. Hanya saja Parta Ariana menyebutkan jumlah stok tidak hapal. "Stok di bagian logistik tahu, tetapi masih tersedia," tegasnya.

Terpisah Kepala Dinas Pertanian Tabanan, I Made Subagia menegaskan, belum ada tambahan kasus PMK di Tabanan. Baru terlapor 3 kasus saja di Banjar Demung. "Kami sampaikan bahwa belum ada perkembangan kasus atau tambahan kasus PMK," ujarnya.

Kendatipun demikian tim masih tetap melanjutkan komunikasi, infomasi dan edukasi untuk menjaga kesehatan ternaknha masing-masing. Melalui biosekuritu, penyemprotam disinfektan, dan menjaga kebersihan lingkungan peternakan, dan ternaknya. "Kami juga minta kepada peternak untuk mengatur pola pakan, vaksin vitamin dan vaksin PMK," pesan Made Subagia. *des

Komentar