nusabali

Pemkot Siapkan Booster Kedua, Sasar 19 Ribu Tenaga Kesehatan

  • www.nusabali.com-pemkot-siapkan-booster-kedua-sasar-19-ribu-tenaga-kesehatan

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan vaksinasi booster kedua bagi 19.000 tenaga kesehatan (nakes).

Kesiapan tersebut disampaikan setelah Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengeluarkan surat edaran terkait vaksinasi dosis keempat atau vaksinasi booster dosis kedua.
Untuk pelaksanaan vaksinasi booster ini sesuai dengan edaran tersebut dimulai pada Jumat (29/7). Vaksinasi booster kedua ini diperuntukkan bagi nakes.

Hal tersebut dikemukakan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar I Dewa Gede Rai, Minggu (31/7). Dewa Rai mengatakan pemberian vaksinasi booster dosis kedua dilakukan dengan interval 6 bulan sejak pemberian vaksinasi booster dosis pertama.

Dewa Rai mengatakan, sasaran booster kedua untuk nakes ini sebanyak 19-an ribu. Untuk pelaksanaan vaksinasi ini akan digelar di fasilitas kesehatan masing-masing. “Jadi sesuai dengan arahan pusat, kami sudah siap. Dan diawali dengan tenaga kesehatan langsung di faskes, ada di rumah sakit maupun puskesmas tempatnya bertugas,” kata Dewa Rai.

Sementara untuk jenis vaksin yang akan diberikan adalah Moderna dengan dosis setengah. Meskipun secara resmi dimulai pada 29 Juli kemarin, namun Dewa Rai mengatakan belum ada nakes yang ikut booster kedua ini.

Untuk ketersediaan vaksin, menurut dia, diamprah secara bertahap. Nantinya vaksin tersebut akan didistribusikan oleh provinsi. “Kami sesuaikan dengan target sasaran dan kebutuhan. Apalagi ada tanggal kadaluwarsanya, nanti biar tidak kadaluwarsa. Sampai saat ini belum ada yang vaksinasi booster kedua. Tapi kalau ada yang mau divaksin sudah bisa dilayani,” ujar Dewa Rai.

Sementara itu, untuk data kumulatif pelaksanaan vaksinasi di Denpasar dosis pertama sudah mencapai 963.525 orang atau 152,49 persen. Untuk dosis kedua sebanyak 890.444 orang atau 140,93 persen. Untuk dosis ketiga sebanyak 500.354 orang 99,55 persen. *mis

Komentar