nusabali

32 Sapi di Padangsambian Divaksin PMK

  • www.nusabali.com-32-sapi-di-padangsambian-divaksin-pmk

DENPASAR, NusaBali
Kelurahan Padangsambian, Denpasar Barat, bekerjasama dengan Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar melakukan vaksinasi  Penyakit Mulut dan Kuku PMK terhadap 32 ekor sapi, Sabtu (29/7).

Lurah Padangsambian, I Ketur Alit Artika mengatakan hewan ternak yang disasar berasal dari Banjar Minggir, Banjar Balun, Banjar Buana Agung dan Banjar Buana Merta.

Tenaga yang membantu kegiatan vaksinasi adalah petugas vaksin dari Dinas Pertanian Kota Denpasar. "32 sapi ini merupakan jumlah sisa dari tindakan vaksinasi yang sudah kami lakukan pada minggu lalu," jelasnya.

Kabid Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar, I Made Ngurah Sugiri mengatakan, populasi sapi di Denpasar  4.290 ekor dengan rincian Denpasar Selatan 1.806 ekor, Denpasar Timur 1.216 ekor, Denpasar Barat 492 ekor, dan Denpasar Utara 776 ekor. Selain itu, ada juga kerbau sebanyak dua ekor, kambing atau domba sebanyak 189 ekor.

Sementara populasi babi sebanyak 4.601 ekor dengan rincian Densel 866 ekor, Dentim 1.857 ekor, Denbar 1.352 ekor, dan Denut sebanyak 526 ekor. Sugiri menambahkan, di masing-masing kecamatan pihaknya juga sudah menyiagakan petugas.

Jika ada tanda-tanda sapi terkena PMK ataupun sakit, peternak diminta untuk menghubungi petugas tersebut. “Kami sudah standby nomor HP kalau ada peternak yang menemukan sapinya dalam kondisi sakit agar cepat menghubungi petugas di kecamatan tersebut,” imbuhnya.

Sugiri juga meminta kepada peternak agar melakukan lockdown jika ada hewan ternak sakit. “Jangan dipindahkan ke mana-mana kalau sapi, kambing atau babinya sakit. Karena itu berpotensi menyebarluaskan PMK,” pesan Sugiri. *mis

Komentar