nusabali

Perumda Tirta Hita Siapkan CSR Pelestarian Lingkungan

  • www.nusabali.com-perumda-tirta-hita-siapkan-csr-pelestarian-lingkungan

SINGARAJA, NusaBali
Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Hita Buleleng Made Lestariana menyiapkan terobosan keberlanjutan terkait pelestarian lingkungan. Melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR),  sedang dirancang pembangunan pembibitan pohon yang berfungsi untuk menangkap air.

Bibit-bibit pohon yang dihasilkan nanti akan ditanam kembali untuk pelestarian lingkungan di Buleleng. Sehingga setiap tahunnya lebih banyak pohon yang bisa ditanam untuk menjaga ketersediaan air bersih di Kabupaten Buleleng. “Kami harapkan nilai tambah perusahaan selain dari sisi keuangan dan kinerja sudah bagus, juga dari sisi lingkungan harus tetap ditonjolkan. Ini sudah kami rancang dan segera akan direalisasikan,” kata Lestariana.

Sebelumnya Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana meminta Perumda Tirta Hita menyiapkan lebih banyak CSR khusus untuk penghijauan. Hal itu dinilai penting untuk menjaga keberlangsungan perusahaan daerah yang melayani kebutuhan air bersih masyarakat Buleleng.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengapresiasi kinerja Perumda Air Minum Tirta Hita yang sudah memberikan peningkatan kuantitas, kualitas, kontinuitas pelayanan terbaik kepada masyarakat. Selain juga telah mampu menjadi perusahaan daerah yang berfungsi sosial dan berprestasi di tingkat nasional.

Namun Perumda Tirta Hita perlu menyusun rencana jangka panjang untuk keberlangsungan perusahaan. Salah satu hal terpenting dan aset yang harus dilindungi dengan tetap menjaga kelestarian hutan di daerah hulu Buleleng, sebagai sumber resapan air.

Upaya penanaman pohon juga harus lebih intens dilakukan. Terlebih saat ini banyak pohon yang dipotong akibat proyek pembangunan shortcut. “Pelestarian lingkungan ini berkaitan juga dengan keberlangsungan perusahaan. Sehingga ke depannya harus ada dana CSR lebih banyak untuk reboisasi,” ucap Agus Suradnyana.

Dia juga berpesan kepada Perumda Tirta Hita agar tidak hanya mengejar penghargaan dari segi pelayanan pelanggan. Tetapi juga dapat berkontribusi dalam pelestarian lingkungan. Selain itu pemanfaatan bendungan yang ada, Agus Suradnyana juga meminta agar dibuatkan business plan-nya yang jelas. Setelah ada business plan yang jelas dan prospek usaha yang bagus, dapat dilanjutkan dengan investasi. *k23

Komentar