nusabali

Mahasiswa ISI Wakili Bali di GBN

  • www.nusabali.com-mahasiswa-isi-wakili-bali-di-gbn

GBN akan tampil pada HUT RI di Istana Negara dan dihadapan Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH Maruf Amin beserta tamu penting lainnya.

JAKARTA, NusaBali

Mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar memakili Bali di paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) 2022 dalam peringatan HUT RI ke 77 Tahun di Istana Negara pada 17 Agustus mendatang. Mereka adalah Elthon Oktavian Ariswanto dan Bunga Flamboyan Kirana. Mereka pun, telah menjalani latihan bersama perwakilan dari 33 provinsi lainnya secara virtual.

"Kami berlatih secara online sejak Senin (25/7) kemarin hingga Selasa (2/8). Tanggal 6 Agustus, kami baru berangkat ke Wisma Kinasih, Depok, Jawa Barat untuk menjalani latihan secara langsung dengan personil GBN dari daerah lainnya," ujar Elthon saat NusaBali hubungi, Kamis (28/7).

Elthon mengatakan, dia lolos sebagai perwakilan Bali di GBN 2022 setelah mengikuti seleksi secara online pada 18 Juli 2022 lalu. Anak kedua dari tiga bersaudara ini mengetahui ada seleksi GBN dari seniornya di kampus ISI Denpasar, I Komang Wahyu Prasetya (Wahyu). Wahyu merupakan personil GBN asal Bali tahun 2017.

Mengetahui informasi itu, Elthon segera mendaftar. Dia pun, tidak banyak melakukan persiapan. "Karena mendadak, saya hanya latihan menyanyi dan membaca notasi saja," ucap pria kelahiran Klungkung, 7 Oktober 2001. Saat seleksi ada 19 peserta dari Bali. Elthon mendapat urutan ke empat untuk menyanyi.

Elthon membawakan lagu Indonesia Pusaka dengan nada dasar E mayor. Kemudian ada tes membaca notasi dan cek suara. Hasilnya, Elthon masuk suara bass. Dia juga dinyatakan terpilih sebagai perwakilan Bali untuk GBN 2022. "Tidak menyangka bisa mewakili Bali, lantaran persiapan saya tidak terlalu banyak," ucap Elthon.

Elthon sendiri dengan dunia tarik suara tidak asing. Orang tuanya I Wayan Siswanto dan Tjok Istri Anom Triwahyuni adalah musisi. Sebagai anak musisi, Elthon juga suka menyanyi. Bahkan, usia lima tahun sudah berani tampil di panggung saat masih duduk di taman kanak-kanak.

Ketika mengetahui ada seleksi GBN, Elthon tertarik mengikuti agar bisa membanggakan orang tua. Sebab, GBN akan tampil pada HUT RI di Istana Negara dan dihadapan Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH Maruf Amin beserta tamu penting lainnya.

"Selain itu, saya tertarik ikut GBN karena ingin meramaikan hari Kemerdekaan Indonesia dengan talenta yang saya miliki," papar peraih Gold Medal Solo Remaja Putra Pesparawi Nasional XIII Tahun 2022 ini. Kini, Elthon telah menjalani latihan bersama personil GBN dari provinsi lainnya secara virtual. Mereka berlatih pukul 14.00-16.00 WIB.

Mereka latihan menyanyi 17 lagu yang akan dibawakan saat HUT Kemerdekaan RI nanti. Antara lain, Satu Nusa Satu Bangsa, Hari Merdeka dan Rayuan Pulau Kelapa. Saat tampil di Istana Negara, masing personil GBN menggunakan pakaian adat dari daerahnya. Elthon dan Bunga akan menggunakan pakaian adat Bali.

Saat ini mereka sedang mencari pakaian adat Bali yang tepat untuk digunakan. Elthon berharap mendapat dukungan dari Pemprov Bali, Pemda Kabupaten Klungkung atau lainnya. "Berharap sekali, kami mendapat dukungan dari Pemda, apa pun bentuknya," ucap Elthon.

Sementara perwakilan Bali lainnya, Bunga Flamboyan Kirana juga menyatakan, tidak menyangka terpilih sebagai perwakilan Bali untuk GBN 2022. "Lantaran latar belakang saya adalah pemain biola. Persiapan saya dadakan pula. H-1 baru latihan menyanyi. Saya juga manfaatkan latihan sebelum tampil saat seleksi," papar Bunga.

Perempuan kelahiran Denpasar, 23 Mei 2002 ini mengaku, ketika seleksi dirinya gemetar dan merasa tidak maksimal. Berhubung, Bunga memilih lagu yang sudah sering didengar yaitu Indonesia Pusaka membuat dia lancar menjalani seleksi. Bunga membawakan lagu itu dengan nada dasar F mayor.

"Ada 10 lagu pilihan seperti Indonesia Pusaka dan Merah Putih. Saya pilih Indonesia Pusaka karena sering mendengarnya," kata anak kedua dari dua bersaudara ini. Saat cek suara, Bunga berada di kategori sopran. Bunga sendiri tertarik mengikuti seleksi lantaran ingin menambah pengalaman dan menambah teman dari berbagai daerah.

Bunga pun, telah menjalani latihan secara virtual bersama personil GBN dari lainnya. Mereka latihan berdasarkan kategori suara. Kelak saat latihan di Wisma Kinasih, Depok, Jawa Barat akan digabung. Latihan virtual berlangsung pukul 19.00-21.00 WIB. Sebelum latihan mereka menjalani pemanasan terlebih dahulu seperti mengucapkan do, re, mi dan lainnya.

Sedangkan lagu yang mereka latih antara lain, Rayuan Pulau Kelapa, Satu Nusa Satu Bangsa, Bagimu Negeri dan Nusantara Lima. Demi menjaga suara, Bunga dkk mendapat masukan dari pelatih. "Kami disarankan agar menjaga suara dengan baik. Caranya, jangan sampai lelah, jangan banyak bicara dan tertawa," terang anak dari pasangan Supriyanto dan Erna Setyaningsih ini. *k22

Komentar