nusabali

ManCity vs Liverpool di Community Shield, Adu Tajam Haaland vs Nunez

  • www.nusabali.com-mancity-vs-liverpool-di-community-shield-adu-tajam-haaland-vs-nunez

LONDON, NusaBali
Duel Manchester City vs Liverpool di ajang Community Shield di Stadion King Power, Leicester,  Sabtu (30/7) malam, akan jadi ajang adu tajam rekrutan baru kedua tim, yakni Erling Haaland dan Darwin Nunez.

Ajang tersebut mempertemukan Juara Liga Inggris musim lalu Manchester City dan juara Piala FA, Liverpool. Menyambut musim 2022-2023, Liverpool dan Man City kompak mengeluarkan uang transfer nyaris Rp 1 trilun untuk mendatangkan striker. The Reds, 64 juta euro (sekitar Rp 983,6 miliar) menebus Darwin Nunez dari Benfica. Nilai transfer Nunez bisa membengkak jadi 85 juta euro karena Liverpool menjanjikan 21 juta euro tambahan dalam bentuk bonus.

Di sisi lain, Man City asuhan Pep Guardiola memutuskan mengaktifkan klausul pelepasan Erling Braut Haaland dari Borussia Dortmund sebesar 60 juta euro atau sekitar Rp 917 miliar.

Dua transfer di atas terbilang menarik karena Liverpool dan Man City sebenarnya terbiasa bermain tanpa penyerang murni. Sejak kedatangan Juergen Klopp pada 2016, Liverpool selalu bermain dengan formasi 4-3-3 dan menyerang lewat sisi sayap. Trio penyerang Liverpool yang paling sering diturunkan Juergen Klopp adalah Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah.

Dalam formasi 4-3-3, Firmino memang menempati pos penyerang tengah. Namun, peran Firmino bukan sebagai striker yang menunggu di tengah kotak penalti. Striker asal Brasil itu mendapatkan tugas dari Klopp untuk lebih sering turun ke bawah menjemput bola serta jadi penghubung Sadio Mane dan Mo Salah.


Adapun formasi yang paling sering digunakan Man City pada era Pep Guardiola adalah 4-1-4-1. Pada awal kepelatihannya, Guardiola memang sangat mengandalkan Sergio Aguero di lini depan. Namun, Guardiola tidak lagi bertumpu kepada striker tengah dalam dua musim terakhir karena Aguero kerap kali mengalami cedera.

Guardiola pada akhirnya lebih mengandalkan winger atau gelandang serang seperti Raheem Sterling, Riyad Mahrez, hingga Phil Foden, untuk mencari gol.

Kedatangan Nunez dan Haaland, menarik untuk menantikan bagaimana skema atau cara bermain Liverpool dan Man City musim ini. Duel tersebut merupakan ulangan Community Shield 2019. Saat itu Man City mengalahkan Liverpool 6-5 (1-1) via adu penalti. *

Hasil Ujicoba Liverpool
Liverpool 0-4 ManUnited
Liverpool 2-0 Crystal Palace
Liverpool 5-0 RB Leipzig

Hasil Ujicoba ManCity
ManCity 2-1 Club America
Bayern Munchen 0-1 ManCity

Perkiraan Susunan Pemain:
Manchester City (4-3-3) :  Ederson, Ruben Dias, Nathan Ake, Kyle Walker, Josh Wilson, Kevin De Bruyne,  Rodrigo,  Phil Foden,  Riyadh Mahrez, Jack Grealish,  Erling Haaland.  Pelatih: Josep Guardiola
Liverpool (4-3-3) : Alisson, Konate, Van Dijk, Robertson, Arnold,  Carvarlho, Henderson, Thiago, Luiz Dias, Moh Salah, Darwin Nunez. Pelatih: Jurgen Klopp

Komentar