nusabali

PAUD Cempaka Kids Raih API Award 2022

  • www.nusabali.com-paud-cempaka-kids-raih-api-award-2022

AMLAPURA, NusaBali
Kasek Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Cempaka Kids Amlapura, Ni Putu Suri Darmayanti, menerima penghargaan sebagai pengelola PAUD visioner di Pendopo Taman Siswa, Yogyakarta, Sabtu (23/7) lalu.

Penghargaan sebagai pengelola PAUD visioner diumumkan saat malam apresiasi Askrindo PAUD Institute Award 2022 yang bertepatan dengan peringatan Hari Anak Indonesia. Penghargaan ini berdasarkan penilaian atas karya tulis yang dibuat oleh Suri Darmayanti.

Lomba yang diselenggarakan PT Askrindo (Asuransi Kredit Indonesia) diikuti 1.009 guru PAUD se-Indonesia. Penghargaan dibagi enam kategori yakni kategori mendongeng, menciptakan lagu, guru heroik, guru inovatif, pengelola PAUD visioner, dan kategori Bunda PAUD kreatif. “Saya hanya mengirim karya tulis tentang PAUD Cempaka Kids yang didirkan tahun 2007. Ternyata karya tulis itu dinyatakan layak mendapat penghargaan nasional,” ungkap Suri Darmayanti saat ditemui di kantornya, Jalan Banteng Gang Merpati 1 Amlapura, Rabu (27/7).
ig
Suri mengatakan, sejak PAUD Cempaka Kids didirikan, sebagai guru melakukan pembelajaran ramah anak, menyenangkan, dan menyesuaikan dengan bakat siswa. Ternyata secara tidak langsung sejak tahun 2007 telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, padahal Kurikulum Merdeka baru diberlakukan pada tahun 2021. Menurut Suri, mendidik siswa PAUD tidak mesti langsung mengajar siswa agar pintar menulis, membaca, dan mengenal angka.

“Kami mengajar siswa mengenal angka dan huruf dengan cara bermain dengan alam. Hanya saja kendalanya banyak orangtua siswa menginginkan anaknya lebih cepat diajari mengenal angka, huruf, bisa membaca, dan menulis,” ungkap guru kelahiran 13 Agustus 1981 ini. Menurutnya, banyak orang tua siswa kurang paham tentang pembelajaran di PAUD. Kenyataannya setelah pembelajaran mengenal alam, siswa mengenal jenis-jenis tanaman yang ada di sekitarnya, juga mengenal angka dan huruf.

PAUD Cempaka Kids dengan 90 siswa didukung 10 guru. Sering belajar di bawah pohon yang rindang sehingga siswa betah belajar karena suasananya rindang dan nyaman. Ibu dua anak ini berharap, prestasi yang didapatnya menginspirasi pengelola PAUD lainnya di Karangasem. *k16

Komentar