nusabali

Masyarakat Kini Bisa Pantau Perkembangan Pangan Melalui 'Si Papa Online'

  • www.nusabali.com-masyarakat-kini-bisa-pantau-perkembangan-pangan-melalui-si-papa-online

DENPASAR, NusaBali
Masyarakat Kota Denpasar kini kian mudah mengakses informasi pangan. Hanya dengan mengakses aplikasi Sistem Informasi Penyedia Ketersediaan Pangan (Si Papa Online) dari Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, masyarakat bisa memantau ketersediaan pangan maupun harga pangan setiap harinya.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar drh Ida Bagus Mayun Suryawangsa didampingi Sekretaris Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar drh I Gusti Ayu Astriwati, Rabu (27/7), mengatakan pembangunan ketahanan pangan di Kota Denpasar merupakan salah satu urusan wajib yang harus dilaksanakan dalam rangka mendukung visi Pemerintah Kota Denpasar.

Dengan disediakannya aplikasi ini, masyarakat bisa setiap waktu dapat memperoleh informasi ketersediaan pangan dan bisa membuat langkah-langkah strategis untuk meminimalisir kekurangan ketersediaan pangan mereka.

Menurut Bagus Mayun, Kota Denpasar bukan merupakan kota produsen sehingga data ketersediaan pangan merupakan isu strategis untuk tersedianya data stok dan pasokan pangan. Hal ini penting untuk mencegah inflasi dan menjaga stabilitas harga, sehingga ketahanan pangan dapat dikendalikan.

“Ketahanan pangan sangat penting, karena Kota Denpasar merupakan kota pemasaran pangan pokok dan pangan strategis yang menyuplai hotel, restoran, warung, toko, dan rumah tangga,” ujar Bagus Mayun.

Bagus Mayun mengungkapkan sistem informasi penyedia ketersediaan pangan ini merupakan aplikasi jaringan informasi yang memuat data ketersediaan pangan yang bisa diakses masyarakat secara online. Aplikasi ini memuat data pangan dari penyedia yang update setiap hari.

“Adanya aplikasi ini diharapkan dapat diakses masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga dalam hal perkembangan harga pangan, stok pangan, dan pasokan pangan,” ujarnya.

Dikatakannya, aplikasi Si Papa Online bisa diakses secara gratis melalui website https://sipapa.denpasarkota.go.id/ di dalamnya berisi informasi ketersediaan bahan pangan termasuk yang ada di pasar dan distributor di Kota Denpasar. “Masyarakat tinggal klik saja, di sana tersedia informasi lengkap. Bukan hanya informasi pangan secara umum namun juga ketersediaan pangan di masing-masing pasar maupun distributor,” imbuh Bagus Mayun. *mis

Komentar