nusabali

Progres Pelabuhan Sanur Capai 89,72%

September Ditarget Rampung, Dukung KTT G20

  • www.nusabali.com-progres-pelabuhan-sanur-capai-8972
  • www.nusabali.com-progres-pelabuhan-sanur-capai-8972

Soal Pembangunan dan Revitalisasi Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai, Menhub menyampaikan bangunannya sangat keren, karena menampilkan ukiran klasik Bali

DENPASAR, NusaBali

Gubernur Bali Wayan Koster mendampingi Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meninjau progress Pembangunan Pelabuhan Sanur di Kota Denpasar serta Pembangunan dan Revitalisasi Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai di Kabupaten Badung pada, Buda Wage Mrakih, Rabu (27/7). Untuk Pelabuhan Sanur progresnya sudah mencapai 89,72 persen dan ditargetkan rampung pada bulan September 2022 nanti. Sedangkan Terminal VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai progresnya mencapai 84,26 persen.  

Dalam kunjungan ke lokasi proyek Pembangunan Pelabuhan Sanur, Rabu kemarin pukul 12.30 Wita turut juga dihadiri Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Arsitek Bali Popo Danes. Sedangkan kunjungan di Pembangunan dan Revitalisasi Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai pada pukul 13.30 Wita dihadiri oleh Arsitek Universitas Udayana (Unud) Wayan Kastawan.

PT Hutama Karya (Persero) Tbk yang mengerjakan konstruksi Pelabuhan Sanur melaporkan secara keseluruhan progress pembangunannya sudah mencapai 89,72 persen yang meliputi pekerjaan : 1) Breakwater 1 (Sisi Selatan) sudah 97,75 persen; 2) Breakwater 2 (Sisi Utara) sudah 97,69 persen; 3) Pekerjaan Persiapan sudah 93,11 persen; 4) Pengerukan sudah 74,17 persen; 5) Pekerjaan Talud sudah 83,14 persen; 6) Area Pengembangan sudah 95,10 persen; 7) Dermaga Apung sudah 94,89 persen; 8) Pekerjaan Fasilitas Darat sudah 50,40 persen; 9) Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi sudah 82,28 persen; dan 10) Pekerjaan lain-lainnya sudah 80,79 persen.

Sementara PT Wijaya Karya (Persero) Tbk yang mengerjakan konstruksi Pembangunan dan Revitalisasi Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai melaporkan progress pembangunannya sudah mencapai 84,26 persen. Mendengar laporan tersebut, Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan Pembangunan Pelabuhan Sanur adalah salah satu infrastruktur yang disiapkan untuk mendukung kegiatan kepariwisataan di Bali, khususnya Sanur, Denpasar dengan Nusa Penida, Klungkung. Selain itu akan mendukung Presidensi G20.

“Kita tahu penerbangan ke Bali cukup banyak dan ini menunjukkan daya tarik Bali luar biasa. Saya juga menyempatkan waktu berbincang dengan wisatawan dan mereka menyatakan sangat enjoy dan gembira sampai di Bali. Atas hal ini, Kita harus memberikan pelayanan terbaik dan saya sudah pesan ke Bapak Gubernur Bali agar ketika Pelabuhan ini dioperasikan, kita harus cari tim pelayanan yang terbaik,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi usai meninjau pembangunan Pelabuhan Sanur dan kondisi pedagang di sepanjang pesisir Pantai Sanur bersama Gubernur Koster, kemarin.

Sedangkan mengenai Pembangunan dan Revitalisasi Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Budi Karya menyampaikan tampilan bangunannya sangat keren, karena menampilkan ukiran klasik Bali dan bangunan yang minimalis.

“Terimakasih Pak Gubernur Bali, kita sudah berkolaborasi dengan baik dan Kita akan pamerkan ini kepada Kepala Negara yang hadir pada acara Presidensi G20 dengan tampilan bangunan modern, namun masih mempertahankan warna Bali yang khas, kita yakin ini akan menjadi ikon,” ujar Menhub Budi Karya.

Revitalisasi Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali ini mengusung tema arsitektur tradisional Bali, yang dikenal dengan nama Wantilan. Artinya, bangunan yang berfungsi sebagai tempat pertemuan masyarakat adat Bali. Unsur Bali itu juga ditambah dengan ukiran ornamen, lukisan, dan tanaman khas Bali, seperti kain Songket Bali, tanaman Jepun Bali, Pucuk Rajuna, Jempiring, serta benda seni patung Garuda dan Singa Ambara Raja.

Dalam proyek ini, ruang lingkup pengerjaan revitalisasi terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai meliputi percantikan terminal VVIP (eksisting), pembangunan terminal VVIP (baru), penataan lansekap dan service road (baru), dan realokasi EMPU kargo dan bangunan terdampak.

Sementara Gubenur Koster menyatakan terimakasihnya kepada Menhub Budi Karya yang telah melakukan peninjauan ke Pembangunan Pelabuhan Sanur serta Pembangunan dan Revitalisasi Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai. “Khusus untuk Pelabuhan Sanur, kita harapkan bulan September 2022 sudah selesai dan saya sebagai Gubernur Bali sekaligus mewakili Pemprov Bali serta masyarakat Bali mengucapkan banyak terimakasih ke Menhub yang berkenan memenuhi usulan kami membangun Pelabuhan Sanur untuk menyeberang ke Nusa Penida,” ujar Gubernur Koster.

Menurutnya, sudah bertahun-tahun orang yang nyeberang ke Nusa Penida harus mengangkat kain, melepas sepatu dan melepas sandalnya untuk menuju kapal boat agar tidak terkena air laut akibat tidak adanya perhatian terhadap infrastruktur penyeberangan laut dari Sanur ke Nusa Penida ini. “Sehingga, kalau pelabuhan ini selesai, saya yakin kita bisa menyeberang dengan nyaman ke Nusa Penida dan Umat Hindu yang tangkil ke Pura Ratu Gede Dalem Ped dan para wisatawan yang berlibur ke Nusa Penida, hingga masyarakat yang beraktivitas sehari-hari dari Sanur ke Nusa Penida dan sebaliknya bisa dengan aman dan nyaman,” ujarnya.

Lebih lanjut Ketua DPD PDIP Bali ini menegaskan Pelabuhan Sanur merupakan salah satu program prioritas pembangunan infrastruktur darat, laut, dan udara secara terkoneksi dan terintegrasi yang monumental di Bali dan baru pertama bisa dilaksanakan, karena selama ini masyarakat begitu tidak nyaman menyeberang ke Nusa Penida.

“Begitu pelabuhan ini selesai, kita akan tata keseluruhan kawasan ini agar rapi, termasuk pedagangnya ditata lebih rapi, sehingga kawasan wisata ini tampil cantik dan indah,” pungkas Gubernur asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini.  Tercatat dalam sejarah pembangunan infrastruktur laut di Bali telah mewujudkan Pembangunan Pelabuhan Sanur di Denpasar, Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida, dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan, Klungkung atau disebut dengan Pelabuhan Segitiga Emas. *cr78

Komentar