nusabali

SMAN 1 Amlapura Gelar Lomba IPA, IPS, dan Matematika

  • www.nusabali.com-sman-1-amlapura-gelar-lomba-ipa-ips-dan-matematika

AMLAPURA, NusaBali
Memperingati HUT ke-58, SMAN 1 Amlapura menggelar lomba mata pelajaran tingkat SMP se-Karangasem, Senin (25/7).

Ada tiga mata pelajaran yang dilombakan yakni IPA, IPS, dan Matematika. Lomba ini diikuti oleh siswa dari 17 SMP negeri dan MTs negeri se-Karangasem. Siswa dari sekolah pinggiran mampu merebut juara, bersaing dengan siswa dari sekolah favorit.

Lomba IPS dimenangkan Ni Made Evy Pujiani dari SMPN 1 Bebandem, Rainey Graciela dan Ni Komang Sindy Sri Widari, keduanya dari SMPN 2 Amlapura. Lomba IPA dimenangkan Ni Nyoman Anggrita Pratiwi dari SMPN 1 Amlapura, Ni Nyoman Diah Liana Sari dari SMPN 2 Amlapura, dan I Gede Sopian Jovana dari SMPN 2 Aban. Lomba Matematika dimenangkan oleh Cahaya Syahida Mustofa dari MTS Negeri Karangasem, I Gede Pradyan Yasguna dari SMPN 2 Sidemen, dan Kadek Risma Dwitha Widyaswari dari SMPN 2 Rendang.

Kasek SMAN 1 Amlapura, I Ketut Marta Ariana, menegaskan peraih juara merata dari sekolah di perkotaan maupun perdesaan. Tidak ada lagi istilah didominasi siswa dari kota Amlapura. “Sejak diberlakukan penerimaan siswa baru sistem zona, prestasi siswa di semua jenjang pendidikan merata,” ungkap Marta Ariana. Hampir di setiap nomor lomba juaranya berbeda-beda. Beberapa tahun sebelumnya terkadang semua gelar juara diborong satu sekolah.

Bisanya SMPN 2 Amlapura yang mendominasi setiap lomba akademis. Tahun ini hanya berhasil meraih juara II mata pelajaran IPA dan mata pelajaran IPS. Bahkan di lomba mata pelajaran Matematika, tidak muncul di tiga besar. Lomba IPA dengan 26 peserta, Matematika 26 siswa, dan IPS sebanyak 28 siswa. Ketua Panitia Lomba, I Dewa Gede Agung Pratama Putra mengatakan, lomba dibagi dua babak.

Babak pertama penyisihan untuk mencari 10 besar di tiap mata pelajaran. Babak kedua hanya melibatkan 10 siswa di tiap mata pelajaran. “Hasil akhir menentukan tiga pemenang di tiap mata pelajaran. Hadiah kepada pemenang diserahkan saat puncak HUT ke-58 SMAN 1 Amlapura, Senin (1/8) mendatang. *k16

Komentar