nusabali

Gempa 3,7 SR Guncang Kuta Selatan

  • www.nusabali.com-gempa-37-sr-guncang-kuta-selatan

MANGUPURA, NusaBali
Gempa bumi dengan kekuatan 3,7 Skala Righter (SR) mengguncang wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Badung hingga wilayah Denpasar, pada Senin (25/7) sore.

Gempa bumi jenis tektonik ini terjadi sekitar 7 km timur laut Kuta Selatan pada kedalaman 11 km. Meski terasa bergetar tidak ada kerusakan yang ditimbulkan gempa tersebut.

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, I Nyoman Gede Wirajaya, mengatakan berdasarkan data yang dimiliki gempa bumi tersebut terjadi pada Senin sore pukul 17.09 Wita. Hasil analisis BBMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 3,7 SR dengan episenter terletak pada koordinat 8,76° LS; 115,28° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 7 km timur laut Kuta Selatan, Bali pada kedalaman 11 km.

Masih menurut Wirajaya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar mendatar atau strike slip fault di dasar laut. Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Denpasar, Kuta, Jimbaran, Gianyar dan Klungkung.

“Untuk wilayah Nusa Dua (Badung), Kuta, Denpasar dan Gianyar getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Sementara untuk wilayah Klungkung getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” ujar Wirajaya sembari menyebut tidak ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Sementara, hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Pasca gempa itu, Wirajaya menambahkan terus melakukan monitoring hingga pukul 17.26 Wita. Hasilnya, tidak adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock. “Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” imbaunya. *dar

Komentar