nusabali

Stop Bullying, Bhabinkamtibmas Edukasi Anak-anak Sekolah

  • www.nusabali.com-stop-bullying-bhabinkamtibmas-edukasi-anak-anak-sekolah

NEGARA, NusaBali
Kasus bullying yang kerap terjadi di lingkungan sekolah, belakangan semakin meresahkan.

Hal itu menjadi perhatian Bhabinkamtibmas II Kelurahan Baler Bale Agung Aiptu I Putu Budi Arnaya. Untuk mencegah adanya kasus bullying atau perundungan, Aiptu Budi berinisiatif melakukan pembinaan dan penyuluhan (binluh) ke sekolah yang ada di wilayah binaannya, di Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana, Senin (25/7).

Ada dua sekolah yang ditangani Aiptu Budi, Senin kemarin, yakni SDN 3 Baler Bale Agung dan SMK PGRI 2 Negara. Dalam kesempatan binluh itu, Aiptu Budi secara khusus memberikan edukasi seputaran bullying atau perundungan. Baik itu terkait dengan pengertian maupun jenis-jenis termasuk dalam bullying.

Aiptu Budi mengatakan, dirinya secara khusus melaksanakan binluh tersebut, karena merasa prihatin dengan kasus bullying atau perundungan yang kian meresahkan. Apalagi baru-baru ini, ada kejadian terkait seorang anak SD di Tasikmalaya, Jawa Barat, yang diketahui meninggal dunia setelah menjadi korban bullying oleh rekan-rekannya. “Kita tentunya tidak mau ada kejadian serupa. Menyikapi hal ini, kami berupaya melakukan edukasi kepada anak-anak,” ujar Aiptu Budi.

Menurut Iptu Budi, peran orangtua maupun pendidik juga sangat diperlukan untuk mencegah aksi-aksi kenakalan remaja. Terkadang di masyarakat sendiri, hanya melihat bullying secara fisik, namun abai terhadap bullying secara verbal. “Padahal hal itu (bullying secara verbal) juga sangat berbahaya. Karena korban dapat mengalami masalah kesehatan fisik, sosial, emosional, mental, hingga masalah akademik,” kata Aiptu Budi.

Sementara perwakilan pihak sekolah merasa senang atas kedatangan Bhabinkamtibmas untuk memberikan edukasi kepada anak-anak. Terlebih pihak sekolah juga tidak ingin adanya kasus serupa di sekolah mereka. “Kami sangat senang dengan perhatian aparat kepolisian. Terlebih Bhabinkamtibmas turut memberikan edukasi kepada anak-anak. Kami sangat berharap sekali kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan,” ucap Kepala Sekolah (Kasek) SDN 3 Baler Bale Agung Desak Made Dewi Ambari.

Secara terpisah, Kapolsek Negara Kompol I Gusti Made Sudarma Putra mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas II Kelurahan Baler Bale Agung Aiptu I Putu Budi Arnaya. Menurutnya, salah satu peranan Bhabinkamtibmas adalah melakukan kegiatan pembinaan di wilayah binaannya. Hal itu penting sebagai upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. *ode

Komentar