nusabali

APG Ajang Promosi Pariwisata Berkualitas

  • www.nusabali.com-apg-ajang-promosi-pariwisata-berkualitas

JAKARTA, NusaBali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjadi salah satu pembawa obor dalam tourc relay atau pawai obor ASEAN Para Games (APG) 2022 di Solo, Jawa Tengah, Minggu (24/7).

Menparekraf berharap APG jadi ajang promosi pariwisata yang berkualitas. "Saya ucapkan terima kasih atas sambutan masyarakat Solo yang sudah mulai menyemangati kesuksesan acara ini. Dan jangan lupa, hadir juga di opening APG pada 30 Juli nanti di Stadion Manahan," ucap Sandiaga Uno melalui keterangan tertulis INASPOC (Indonesia National Paralympic Organization Comittee), Minggu (22/7).

Saat pawai obor sendiri, beberapa kesenian tradisional ikut tampil di belakang rombongan seperti Reog Kolosal Surakarta, Buto Gedruk, Lembu Suro hingga Barong Kemamang.

Sandiaga Uno mengakui, banyak event internasional di Indonesia. Tujuannya cukup beragam. Salah satu yang utama adalah bisa meningkatkan perekonomian warga sehingga menjadi ajang promosi pariwisata yang ada di Indonesia. Apalagi, saat APG berlangsung nanti ada 1800 atlet berada di Solo.

"Kejuaraan ini nantinya akan diikuti 1.800 atlet dari 11 negara. Mereka siap datang di kejuaraan ini. Tentu harapan kami pariwisata dan perekonomian masyarakat ikut meningkat dengan adanya event ini," ucap Sandiaga. Bagi Sandiaga, dari sisi pendapan penginapan akan lebih besar incomenya ketimbang wisatawan yang hanya datang sebentar untuk jalan-jalan ke Indonesia.

Dampak ekonomi lainnya juga akan terasa. Mulai dari kuliner, transportasi, hingga ke sektor pariwisata. "Jadi digelarnya APG di Indonesia adalah promosi pariwisata yang berkualitas. Arahan dari pak presiden, kalau ada event internasional bisa digelar di negeri ini dan harus siap untuk dikawal agar bisa dibawa ke Indonesia penyelenggaraannya. Semoga bisa meningkatkan produk kreatif Indonesia," kata Sandiaga.

Selain Menparekraf, pawai obor pada Minggu (24/7) diikuti pula oleh Wali Kota Solo yang juga merupakan Ketua Pelaksana INASPOC Gibran Rakabuming Raka dan sejumlah artis. Antara lain, Rian D'Masiv, Mario Lawalata, Ferry Maryadi, Deswita Maharani, Erika Carlina, Rana Assegaf, Sadana Agung, Rim Laode, Haikal Baron, dan Mia Ismi.

Pawai obor dimulai dari Stadion Sriwedari menuju Balai Kota Surakarta tepat pukul 07.00 WIB. Sandiaga memberikan obor APG kepada Ketua NPC Indonesia Senny Marbun dengan berkeliling Stadion Sriwedari. Ada pula victory lap dari atlet APG yang berlari mengelilingi lintasan atletik Sriwedari. *k22

Komentar