nusabali

Wagub Cok Ace Hadiri Bhakti Penganyar Pemkab Bangli di Pura Mandara Giri Agung Semeru

  • www.nusabali.com-wagub-cok-ace-hadiri-bhakti-penganyar-pemkab-bangli-di-pura-mandara-giri-agung-semeru

LUMAJANG, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Bangli melaksanakan upacara nganyarin di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Tumpek Krulut, Sukra Kliwon Krulut, Sabtu (23/7).

Upacara nganyarin serangkaian Pujawali Tawur Panca Wali Krama yang dilaksanakan di Pura Mandara Giri Semeru Agung pada 12 Juli 2022 lalu. Rangkaian tersebut dilanjutkan dengan prosesi nganyarin yang dilaksanakan kabupaten/kota di Bali dan Jawa.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati yang akrab disapa Cok Ace menghadiri dan ikut sembahyang bhakti penganyar bersama Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Ketua TP PKK Kabupaten Bangli Ny Sariasih Sedana Arta, Ketua WHDI Kabupaten Bangli Ny Suciati Diar, Jero Gede Batur, dan jajaran Pemkab Bangli. Ketua PHDI Kabupaten Lumajang, Edi Sumianto mengatakan, nganyarin merupakan rangkaian pujawali yang dilaksanakan setelah puncak pujawali hingga upacara penyineban, Redite Umanis Merakih, Minggu (24/7). Upacara diiringi berbagai tarian wali seperti Tari Topeng dan Tari Rejang. Edi Sumianto sangat mengapresiasi partisipasi Kabupaten Bangli dalam menyukseskan rangkaian pujawali. Umat Hindu di Kabupaten Lumajang, ujarnya, perlu dukungan seluruh umat Hindu di Nusantara. "Dari 21 kecamatan di Kabupaten Lumajang, umat Hindu hanya terdapat di 6 kecamatan saja," terang Edi.

Wagub Cok Ace juga menyatakan rasa bangganya terhadap semangat pamedek yang begitu antusias datang dan tangkil ke Pura Mandara Giri Semeru Agung. Menurut Wagub Cok Ace, setelah ditelusuri pura ini secara historis merupakan asal dari leluhur masyarakat di Bali. “Saya bangga tidak hanya warga Bali yang datang tangkil, namun juga umat Hindu dari luar Bali,” ujar Cok Ace.

Pura Mandara Giri menurutnya memiliki peranan penting terhadap umat Hindu di Bali dan Nusantara. Dukungan umat Hindu di Bali sangat diharapkan agar pura dan keberadaan agama Hindu di Nusantara bisa berkembang. "Keberadaan pura saya harapkan bisa meningkatkan sradha bakti kepada Tuhan, dan bisa dijadikan sebagai media pemberdayaan umat," tegas Wagub Cok Ace. *cr78

Komentar