nusabali

SMAN 1 Amlapura Gelar Sisia Upanayana

  • www.nusabali.com-sman-1-amlapura-gelar-sisia-upanayana

AMLAPURA, NusaBali
SMAN 1 Amlapura, Karangasem menggelar upacara Sisia Upanaya di padmasana sekolah pada Tumpek Krulut, Saniscara Kliwon Krulut, Sabtu (23/7).

Sebanyak 432 siswa kelas X yang beragama Hindu mengikuti upacara ini. Sisia Upanayana dipuput Ida Pedanda Gede Karang Kertha Dyana dari Geria Yehmalong, Banjar Buayang, Desa Culik, Kecamatan Abang, Karangasem.

Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana mengatakan, upacara Sisia Upanayana digelar setelah MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah). Upacara Sisia Upanayana untuk pembersihan diri secara bathin agar musuh-musuh yang ada dalam diri disomya. Siswa nantinya lebih siap mengikuti pelajaran agar cerdas, berbudi pekerti, dan berkarakter. “Kami tiap tahun rutin menggelar upacara Sisia Upanayana, kebetulan tahun ini bertepatan hari Tumpek Krulut,” jelas Marta Ariana.

Dijelaskan, musuh yang ada dalam diri di antaranya Tri Mala, Catur Mada, Panca Wisaya, Panca Ma, Sadripu, Sad Atatayi, Sapta Timira, dan lainnya. Selain menggelar upacara penyucian sebelum menerima pelajaran, siswa SMAN 1 Amlapura juga telah melakukan bhakti sosial ke Panti Asuhan Yasa Kerthi Amlapura. Para siswa membagikan bantuan sosial untuk siswa yang tinggal di panti asuhan itu. Kunjungan ke panti asuhan juga serangkaian peringatan HUT ke-58 SMAN 1 Amlapura, puncaknya pada Senin (1/8). Kunjungan ke Panti Asuhan Yasa Kerthi Amlapura diterima Ketua I Wayan Berata. *k16

Komentar