nusabali

Kariyasa Selipkan Wawasan Kebangsaan Lewat Turnamen Futsal

  • www.nusabali.com-kariyasa-selipkan-wawasan-kebangsaan-lewat-turnamen-futsal

SINGARAJA, NusaBali
Anggota DPR RI asal Buleleng I Ketut Kariyasa Adnyana kembali melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada generasi muda.

Namun cara yang dipilih cukup unik yakni melalui turnamen futsal yang diikuti 16 SMA/SMK di Buleleng, yang berlangsung Minggu (24/7) - Minggu (31/7) mendatang.

Sejumlah siswa SMA/SMK di Buleleng yang sudah memadati GOR Bhuana Patra Buleleng untuk memberikan suport temannya yang bertanding diundang maju ke tengah lapangan. Mereka diberikan sejumlah pertanyaan seputar wawasan kebangsaan. Suasana pun mendadak riuh memberikan tepuk tangan ketika siswa berhasil menjawab dengan benar maupun yang jawabannya kurang tepat.

Kariyasa ditemui usai membuka turnamen futsal Kalah Menang Sehat (KMS) Cup I diinisiasi olehnya diselenggarakan serangkaian HUT ke-77 RI. Selain itu alasan lain yang disebutnya, ada indikasi penurunan nasionalisme pada generasi muda saat ini. Situasi ini pun disebut Anggota Komisi IX DPR RI ini merupakan ancaman yang cukup serius, jika tidak segera ditangani.

“Nasionalisme ini penting sekali, apalagi untuk generasi muda yang akan meneruskan perjuangan kedepannya. Antusias siswa dalam kegiatan ini sangat tinggi nanti akan kami agendakan lagi agar bisa berlanjut, sehingga generasi muda bisa menyalurkan kegiatan positif mereka,” ungkap politisi asal Desa/Kecamatan Busungbiu ini.

Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra yang juga hadir dalam kegiatan tersebut, mengapresiasi inisiasi kegiatan dari anggota DPR RI asal Buleleng yang ikut serta membangun karakter generasi muda. Hal senada juga diungkapkan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Buleleng Gede Supriatna. Menurutnya kiat menyisipkan wawasan kebangsaan melalui olahraga sangat efektif.

DPC PDI Perjuangan Buleleng pun terus mendorong agar kegiatan serupa dilaksanakan di masing-masing kecamatan. Sehingga selain mendapatkan jiwa dan raga yang sehat, generasi muda juga dibina dan dibentuk karakternya. “Tadi kita saksikan bersama dari beberapa pertanyaan soal kebangsaan ada yang tidak bisa menjawab, artinya masih perlu dilakukan pembinaan. Kedepannya kami akan mengusulkan Ranperda tentang wawasan kebangsaan dan pendidikan Pancasila untuk jenjang SMP dan SMA/SMK sederajat,” ucap Supriatna yang juga Ketua DPRD Buleleng ini.

Semenatara itu Ketua Umum KONI Buleleng I Ketut Wiratmaja  memberikan apresiasi atas gerakan politisi dan partai politik yang ikut berpartisipasi memajukan olahraga di Buleleng. Bahkan sebelumnya Parpol berbendera merah ini sejak rangkaian Bulan Bung Karno sangat gencar melakukan sejumlah turnamen dan lomba olahraga di masing-masing kecamatan.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa berlanjut, sehingga bisa menyasar lebih banyak masyarakat. Ini bukti kepedulian olahraga di Buleleng sangat tinggi. Selain juga menjadi ajang pencarian bibit atlet untuk disiapkan ke turnamen atau lomba di tingkat lebih tinggi,” kata Wiratmaja.*k23

Komentar