nusabali

Dinas Damkar Bentuk Redkar Gotong Royong di Desa Culik

  • www.nusabali.com-dinas-damkar-bentuk-redkar-gotong-royong-di-desa-culik

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Karangasem membentuk relawan pemadam kebakaran (Redkar) Gotong Royong di Desa Culik, Kecamatan Abang, Karangasem, Jumat (22/7).

Damkar Karangasem target bentuk Redkar di 14 desa pada tahun 2022.  Rekdar diharapkan mampu melakukan penanganan kebakaran secara mandiri dan mitigasi untuk mengurangi risiko bencana.

Kadis Damkar Karangasem I Nyoman Siki Ngurah berikan pelatihan cara menangani kebakaran dan alat yang diperlukan untuk padamkan api. Sebelum petugas Damkar tiba di lokasi kejadian, anggota Redkar dan masyarakat diharapkan sudah mampu melakukan penyelamatan. Redkar Gotong Royong bertugas mengedukasi masyarakat agar bersama-sama melakukan penanganan kebakaran di lapangan.

Pembentukan Redkar Gotong Royong di Desa Culik dihadiri Perbekel Culik I Wayan Putu Sedana, Kabid Pencegahan Damkar I Gusti Ayu Putu Oka Arini, Kasi Pencegahan dan Inspeksi Nyoman Taniasih, dan Kasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Soeprajogi. Sebelumnya, Dinas Damkar telah membentuk Redkar Gotong Royong di enam desa. Masing-masing di Desa Bunutan Kecamatan Abang, Desa Tulamben dan Desa Tianyar Barat Kecamatan Kubu, Desa Bebandem Kecamatan Bebandem, Kelurahan Subagan Kecamatan Karangasem, dan Desa Muncan Kecamatan Selat.

Setelah membentuk Redkar Gotong Royong di Desa Culik, Damkar Karangasem juga berikan pelatihan penanganan kebakaran di kampus Mediterranean, Jalan Ahmad Yani 48 Amlapura. Manager Mediterranean Ni Putu Ratna Puspita Sari melibatkan 300 mahasiswa dalam pelatihan penanganan kebakaran. Siki Ngurah mengingatkan kampus dan perkantoran menyedikan APAR (alat pemadam api ringan) dan APD (alat pelindung diri). *k16

Komentar