nusabali

Kodim Panen Padi, Polres Tanam Cabai

  • www.nusabali.com-kodim-panen-padi-polres-tanam-cabai
  • www.nusabali.com-kodim-panen-padi-polres-tanam-cabai

SEMARAPURA, NusaBali
Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat bersama puluhan personel memanen padi demplot di Subak Semaagung, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Jumat (22/7) pagi.

Program ketahanan pangan ini merupakan wujud nyata dukungan Kodim terhadap program pemerintah sebagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19. "Demplot padi Kodim Klungkung ini seluas 50 are dengan jenis padi yang ditanam adalah IR 64," ujar Letkol Inf Suhendar. Dampak pandemi yang sampai saat ini belum berakhir, namun tetap harus produktif dengan berbagai kreativitas dan inovasi. Salah satunya program demplot padi ketahanan pangan ini yang merupakan aksi nyata kepedulian TNI, terhadap kebutuhan pangan masyarakat khususnya beras. "Inilah sejatinya TNI sebagai tentara rakyat yang hadir di tengah-tengah rakyat serta menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya," kata Letkol Inf Suhendar.

Sementara itu, Polres Klungkung mewujudkan ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong dekat Polsek Klungkung, milik warga Desa Selat, Kecamatan Klungkung. Polres menanam bibit cabai ringka, Jumat (22/7). Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta, mengatakan ini penanaman bibit cabai ringka merupakan program ketahanan pangan, tentunya hasil panenan nantinya diserahkan sepenuhnya kepada pemilik lahan. "Lahan petani ini dipilih sebagai lokasi penanaman karena cocok untuk pertanian cabai," ujar AKBP Sadiarta.

Menurutnya, tanam cabai ini selaras dengan program pemerintah dalam upaya menguatkan ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19 dan Kapolres Klungkung mengajak kepada para petani untuk bercocok tanam. "Semoga bisa menjadi contoh bagi masyarakat," harap AKBP Sadiarta. *wan

Komentar