nusabali

Curacao Lawan Timnas di FIFA Matchday

  • www.nusabali.com-curacao-lawan-timnas-di-fifa-matchday

JAKARTA, NusaBali
PSSI membuka identitas tim Amerika Selatan yang diajak ujicoba lawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday pada bulan September nanti.

Ya, bukan Bolivia atau negara anggota Conmebol lainnya, melainkan negeri kecil, Curacao. Ya, Curacao adalah negara kepulauan kecil yang secara geografis di kawasan Amerika Selatan, namun di sepakbola tergabung dalam zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf). Curacao, yang warganya dominan berbahasa Belanda itu, di urutan ke-84 FIFA.

Sebelumnya PSSI melalui Ketua Umum Mochamad Iriawan memberikan kisi-kisi soal negara yang akan diajak ujitanding melawan Timnas Indonesia, yakni tim asal Amerika Selatan dengan peringkat FIFA di kisaran 80-100. Dari situ didapat Bolivia, anggota Conmebol, yang cocok dengan kriteria tersebut. Namun tebakan itu salah, sebab PSSI ternyata mau mengajak Curacao.

Hal itu cocok dengan kriteria PSSI yang ingin Timnas Indonesia melawan tim dengan peringkat lebih baik. Selain Curacao, PSSI juga menjajaki dengan India (peringkat 101 FIFA) dan Hongkong (peringkat 143 FIFA).

Hanya saja peluang melawan Curacao terbilang kecil jika dibandingkan dua lawan lain tersebut, sebab ada kendala vaksin Covid-19 yang menghambat mereka ke tanah air.

"Saat ini PSSI menjajaki ujicoba dengan negara Curacao, India, atau Hong Kong. PSSI terus berkomunikasi dengan tiga negara itu. Tetapi, untuk Curacao ada kendala. Sebab sebagian pemain dan ofisial belum melakukan vaksin, yang jadi salah satu syarat masuk Indonesia," tulis keterangan resmi PSSI, Kamis (21/7). *

Komentar