nusabali

Adi Arnawa Hadiri Rakornas Satu Data Ketenagakerjaan

  • www.nusabali.com-adi-arnawa-hadiri-rakornas-satu-data-ketenagakerjaan

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta diwakili Sekda Badung Wayan Adi Arnawa menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Satu Data Ketenagakerjaan di Trans Resort Bali, Kelurahan Seminyak, Kecamatan Kuta, Badung pada Kamis (21/7).

Dalam Rakornas yang mengambil tema ‘Satu Data Ketenagakerjaan Untuk Mendukung Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional’ turut dihadiri Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah beserta jajaran, perwakilan Disnaker, Diskominfo, Bappeda Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Adi Arnawa mengucapkan selamat datang sekaligus memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Rakornas Satu Data Ketenagakerjaan. Langkah yang dilakukan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia salah satu upaya dalam rangka membantu Pemkab Badung memulihkan perekonomian di situasi Covid-19. “Tentu pada kesempatan yang baik ini, langkah yang dilakukan oleh Kemnaker RI saya apresiasi dengan baik, karena selama ini persoalan kita bersama bahwa sering sekali data yang kita miliki tidak terintegrasi dengan pemerintah pusat,” jelasnya.

Sementara Menteri Ketenagakerjaan RI, Hj Ida Fauziyah, mengatakan sebagai upaya mereformasi tata kelola data pemerintah untuk dapat menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, terintegrasi, mudah diakses dan dapat dibagi-pakaikan kembali, Kementerian Ketenagakerjaan sudah menindaklanjuti Peraturan Presiden dengan menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 15 Tahun 2020 tentang Satu Data Ketenagakerjaan. “Kebijakan ini merupakan suatu bentuk inisiasi yang lebih awal dilakukan terkait tindak lanjut Satu Data Indonesia di kalangan Kementerian/Lembaga,” jelasnya.

Akan tetapi, lanjut dia, sampai saat ini seringkali masih ditemukan data yang disajikan baik nasional maupun daerah, terdiri dari banyak versi dari berbagai sumber yang kadang diragukan keakuratan dan kevalidannya. Tentunya hal ini menjadi tantangan yang harus dijawab dan diselesaikan secepatnya oleh seluruh instansi pemerintah baik di pusat maupun daerah. “Saya menyambut baik diselenggarakannya Rakernas Satu Data Ketenagakerjaan ini. Rakornas ini dapat menjadi media untuk memperkuat kerja sama, kolaborasi, dan sinergi Kementerian Ketenagakerjaan dengan OPD yang membidangi ketenagakerjaan,” katanya. *dar

Komentar