nusabali

PSSI Yakin Disambut Positif EAFF

Indonesia Jajaki Hadapi Tiga Tim Conmebol

  • www.nusabali.com-pssi-yakin-disambut-positif-eaff

JAKARTA, NusaBali
Gagasan Timnas Indonesia pindah sub-regional semakin kuat. Ada kemungkinan PSSI meninggakan AFF dan bergabung dengan EAFF (Federasi Sepak Bola Asia Timur).

Sedangkan untuk FIFA Matchday, PSSI mengundang tiga tim Zona Conmebol menghadapi Timnas Indonesia. Sepekan terakhir, netizen mendorong PSSI keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) dan merapat ke EAFF buntut dari dugaan main mata Vietnam kontra Thailand di Piala AFF U-19 2022.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengaku pihaknya telah berdiskusi secara internal terkait kemungkinan Timnas Indonesia membelot ke EAFF. Iriawan juga memerintahkan Sekjen PSSI, Yunus Nusi untuk berkomunikasi dan menyatakan ketertarikan pihaknya masuk ke EAFF.

Iriawan pun mengklaim, EAFF antusias jika Timnas Indonesia bergabung. Namun, kata Iriawan, pihaknya akan berhitung dan mendiskusikannya dengan matang.

Sementara itu, PSSI sendiri saat ini sedang mematangkan lawan ujicoba bagi Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday pada September 2022. Kriteria yang diinginkan antara lain negara dari Amerika Latin dan berperingkat 80-100 FIFA.

FIFA menjadwalkan FIFA International Match Calendar terdekat pada 19-27 September 2022 dengan setiap tim maksimal berujicoba atau bertanding sebanyak dua kali.

"Timnas Indonesia akan berhadapan dengan negara Amerika Latin, itu yang pasti," ujar Iriawan. Amerika Latin tidak hanya sebatas Conmebol atau Asosiasi Sepak Bola Amerika Selatan saja. Cakupannya membentang dari Argentina hingga Kepulauan Karibia, bahkan Meksiko.

Lantas, negara Amerika Latin mana saja yang masuk syarat berurutan 80-100 ranking FIFA? Ada tiga negara Amerika Latin masuk parameter itu. Yakni, Honduras yang berperingkat 80 FIFA, lalu Bolivia (81), dan Haiti (87). *

Komentar