nusabali

Meningkat, Animo Orangtua Sekolahkan Anak ke TK

  • www.nusabali.com-meningkat-animo-orangtua-sekolahkan-anak-ke-tk

SEMARAPURA, NusaBali
Animo orangtua menyekolahkan anaknya untuk masuk TK semakin meningkat. Hal ini seiring dengan bertambahnya TK negeri di Kabupaten Klungkung.

Pasalnya, anak yang masuk di sekolah negeri serba gratis, kecuali seragam. Setidaknya sejak Tahun 2017 anak yang masuk TK di Gumi Serombotan hanya 61 persen, kini anak yang masuk TK mengalami peningkatan menjadi 85 persen. Sehingga hanya tersisa 15 persen anak yang belum masuk TK. "Kita optimis setelah semua desa/kelurahan memiliki TK negeri, semua anak akan masuk TK," kata Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Klungkung, I Ketut Sujana, Rabu (20/7).

Sujana menambahkan untuk tahun 2022 ini sebanyak 16 TK akan di negerikan masing-masing di Kecamatan Nusa Penida sebanyak 3 TK Kecamatan Klungkung sebanyak 6 TK, Kecamatan Banjarangkan sebanyak 3 TK dan Kecamatan Dawan sebanyak 4 TK. Sedangkan penegerian TK Negeri ini sudah berjalan sejak tahun 2018 hingga saat ini sudah ada 50 TK yang di negerikan dari 53 desa dan 6 Kelurahan di Kabupaten Klungkung. "Mudah-mudahan program ini dapat berjalan dengan baik dan tentunya bisa bermanfaat bagi masyarakat," harap Sujana.

Sementara itu, program peresmian sekolah TK desa menjadi TK negeri terus berlanjut, ternayar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Bunda PAUD Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta meresmikan empat sekolah TK yang ada di wilayah Kecamatan Dawan, Klungkung, Senin (18/7).

Program satu desa satu TK Negeri merupakan program inovatif yang dirancang murni oleh Bupati Suwirta dan hanya satu satunya di Bali dan bahkan di Indonesia. Program ini selain untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di masing masing desa, juga untuk meningkatkan partisipasi anak dalam menempuh pendidikan usia dini.  "Tahun ini sudah 50 TK desa yang sudah di negerikan. Target tahun 2023 sudah tuntas program seluruh penegerian TK desa di Kabupaten Klungkung," kata Bupati Suwirta.

Aset sekolah yang diserahkan kepada pemerintah daerah selanjutnya akan dikelola dan ditata dengan baik sehingga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan sekolah. TK nanti akan dilengkapi dengan sarana prasarana penunjang belajar mengajar sehingga kualitas tidak kalah dengan swasta.*wan

Komentar