nusabali

Basarnas Bekali Pelatihan 50 Orang Potensi SAR

  • www.nusabali.com-basarnas-bekali-pelatihan-50-orang-potensi-sar

MANGUPURA, NusaBali
Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas Bali) menggelar pelatihan potensi teknis pencarian dan pertolongan di permukaan air pada Senin (18/7).

Pelatihan yang melibatkan 50 orang peserta dari berbagai instansi pemerintah dan stakeholder ini dilaksanakan di Ruang Jempiring Gedung BPSDM Provinsi Bali.

“Diselenggarakannya pelatihan ini untuk menyiapkan sumber daya manusia khususnya potensi pencarian dan pertolongan agar mampu memberikan pelayanan jasa SAR secara profesional dan mandiri,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar, Gede Darmada.

Lanjut dikatakan, sesuai amanah UU No 29 Tahun 2014 Tentang Pencarian dan Pertolongan, Basarnas memiliki kewajiban melaksanakan pembinaan potensi SAR ke semua kalangan di seluruh penjuru tanah air. Salah satu upayanya adalah dengan melakukan kegiatan pelatihan teknis bagi potensi SAR. “Keterlibatan potensi SAR sangat membantu dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan menjadi penting, karena Basarnas tidak bisa bekerja sendiri,” katanya.

Dengan pelatihan ini, Darmada berharap potensi SAR, khususnya di Kota Denpasar memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan teknik pertolongan di permukaan air yang nantinya dapat diaplikasikan saat pelaksanaan operasi SAR. Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini akan berlangsung selama tujuh hari, peserta akan mendapatkan materi secara teori dan praktek. “Nantinya peserta yang mampu mengikuti pelatihan dengan memenuhi jam pelajaran (JP) selama 72 jam akan diberikan sertifikat resmi dari Basarnas,” kata Darmada. *dar

Komentar