nusabali

ASN Klungkung Dikejutkan Akun Palsu Bupati Suwirta

Janjikan Jabatan, Bantuan Desa lalu Meminta Uang

  • www.nusabali.com-asn-klungkung-dikejutkan-akun-palsu-bupati-suwirta

SEMARAPURA, NusaBali
Kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Klungkung dikejutkan dengan munculnya akun Facebook mengatasnamakan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Bahkan akun tersebut mengirim pesan melalui messenger, dan meminta sejumlah uang terkait dengan promosi jabatan. Dalam pesan yang beredar sejak, Minggu (17/7) ini juga menjanjikan posisi jabatan, ataupun terkait dengan bantuan ke desa. Dalam beberapa percakapan, akun itu juga minta sejumlah uang yang dikatakannya sebagai biaya administrasi penerbitan surat keputusan (SK).

Selain itu akun mengatasnamakan Bupati Suwirta ini juga mengirim pesan melalui messenger ke beberapa kepala desa di Klungkung terkait dengan adanya bantuan ke desa dari Kementerian. Pasca beredarnya akun bodong mengatasnamakan orang nomor satu di Pemkab Klungkung ini, lewat akun Facebook resmi Bupati Suwirta kemudian dibagikan tangkapan layar akun penipu tersebut. "AKUN PALSU Mohon hati hati kalau ada WA, Messenger mengatas namakan tiang (I Nyoman Suwirta) menyangkut JABATAN, BANTUAN dan sejenisnya. Hari ini banyak yang dimessenger dg akun SUWIRTA palsu. Salam Gema Santi," tulis Bupati Suwirta di beranda akun resminya.

Saat dikonfirmasi mengenai beredarnya akun bodong yang mengatasnamakan dirinya, Bupati Suwirta memastikan jika akun yang mencatut namanya dan foto profilnya itu merupakan akun palsu. Bahkan, dirinya sudah memantau akun itu. "Saya sudah pantau akun itu, kadang on dan off itu," ujar Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini, Senin (18/7).

Diakui, banyak ASN yang mengadu kepada dirinya telah dihubungi melalui messenger oleh akun pastu tersebut untuk menjanjikan jabatan dan bantuan. Dengan target kalangan pegawai, guru dan perbekel. Kendati demikian sampai saat ini tidak ada pegawai yang sampai melakukan transfer uang kepada rekening yang diberikan oleh akun palsu tersebut. Bupati Suwirta pun mengingatkan warga untuk berhati-hati jika ada pesan Whatapps, messenger, dan lainnya yang mengatasnamakan I Nyoman Suwirta terkait dengan jabatan, bantuan dan sejenisnya. "Belakangan ini banyak sekali akun palsu yang mencatut dan mengatasnamakan saya di facebook," imbuh Bupati Suwirta. *wan

Komentar