nusabali

Pencairan Dana PKB Dipastikan Segera Tuntas

  • www.nusabali.com-pencairan-dana-pkb-dipastikan-segera-tuntas

BANGLI, NusaBali
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli memastikan dana untuk sekaa atau sanggar yang mewakili Kabupaten Bangli pada Pesta Kesenian Bali (PKB) segera cair.

Anggaran PKB sebesar Rp 700 juta. Kabid Kesenian Disparbud Bangli, I Nyoman Wiradana mengatakan, pada PKB tahun 2022 Kabupaten Bangli hanya mengikuti gong kebyar dewasa, gong kebyar anak-anak, keputrian, wayang kulit calonarang, dan bapang barong.

Wiradana mengungkapkan, lomba taman penasar diikuti secara mandiri karena peserta ingin mengasah kemampuan. Anggaran PKB bersumber dari APBD Bangli dan bantuan keuangan khusus (BKK) Provinsi Bali. Pencairan dana secara bertahap sesuai dengan persiapan hingga pentas. Ada sekaa yang minta pencairan sekaligus seusai tampil. “Kalau sudah ujicoba, bisa mengajukan pencairan,” ungkap Wiradana, Minggu (17/7).

Ada beberapa sekaa sudah tuntas pembayarannya. Bagi yang belum, masih proses karena ada administrasi yang harus dilengkapi. Jika administrasi sudah lengkap, segera bisa dicairkan. “Semua pihak harus disiplin administrasi, tidak hanya kami di birokrasi, sekaa atau komunitas juga aktif,” harap Wiradana. Dia mensyukuri pelaksanaan PKB tahun 2022 tidak ada kendala. Pelaksanaan PKB tahun 2023 diharapkan persiapannya lebih matang. *esa

Komentar