nusabali

Berdayakan 35 Warga yang Tak Miliki Pekerjaan

Desa Peguyangan Kaja Launching Padat Karya

  • www.nusabali.com-berdayakan-35-warga-yang-tak-miliki-pekerjaan

DENPASAR, NusaBali
Desa Peguyangan Kaja, Denpasar Utara, melaunching program padat karya  ketahanan pangan hewani dan nabati, di Jalan Antasura, Banjar Ben Biu, Minggu (17/7).

Padat karya digelar untuk membantu masyarakat khususnya warga kurang mampu. Sebagai langkah awal, sebanyak 35 warga yang tidak memiliki pekerjaan dilibatkan di program tersebut. Program ini dibuka secara resmi oleh Kadis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kota Denpasar I Wayan Budha.

Perbekel Peguyangan Kaja Made Parmita mengatakan, kegiatan ini merupakan program pemerintah berupa pemberdayaan masyarakat desa, khususnya warga kurang mampu dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan. Selain itu juga bertujuan mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam program ini pihaknya melakukan penebaran bibit ikan lele dan penanaman bibit terong. “Dalam menjalankan program ini kami melibatkan 35 orang warga yang tidak memiliki pekerjaan, sehingga ada pemberdayaan,” kata Parmita.

Menurutnya dari jumlah pekerja tersebut sebanyak 5 orang untuk pembersihan lahan, 22 orang menangani kegiatan bidang hewani, dan 8 orang untuk di bidang nabati. Untuk hasil dari panen akan dijual ke BUMDes. Hasil penjualannya tersebut akan diputar untuk membeli bibit.

Sedangkan untuk honor pekerja pada tahun ini masih ditanggung di anggaran desa melalui APBDes. Karena program ini merupakan keberlanjutan maka untuk selanjutnya honor pekerja diharapkan bisa  diberikan dari hasil panen. “Dengan begitu program tersebut bisa tepat  sasaran sesuai dengan harapan pemerintah dalam memberdayakan masyarakat,” ucap Parmita. *mis

Komentar