nusabali

Atlet Layar Bali Berpeluang Tampil di SEA Games 2023

  • www.nusabali.com-atlet-layar-bali-berpeluang-tampil-di-sea-games-2023

JAKARTA, NusaBali - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) mengumumkan 39 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam SEA Games (SEAG) 2023 di Kamboja pada 5-27 Mei. 

Salah satunya cabang olahraga layar. Atlet layar asal Bali pun berpeluang memperkuat tim Indonesia di ajang tersebut.

"Bersyukur cabang olahraga layar dipertandingkan kembali di SEA Games. Atlet asal Bali punya kans membela Indonesia di ajang itu," ujar pelatih layar asal Bali Wayan Sujana, Sabtu (16/7). 

Menurut Wayan Sujana, ada tiga atlet asal Bali yang bisa ke SEA Games. Yakni, Gede Subagiasa dan Komang Suartana di kelas RSX, serta atlet kawakan Oka Sulaksana di kelas IQ Foil. 

"Berdasarkan informasi yang saya dapat, SEA Games akan mempertandingkan sejumlah nomor. Antara lain, nomor RSX dan IQ Foil," ucap Wayan Sujana.

Pria yang pernah jadi pelatih nasional 2001-2012 dan 2018 ini menerangkan, IQ Foil merupakan nomor baru. Atlet beberapa negara di Asia Tenggara seperti Thailand, Filipina dan Singapura telah menekuni nomor itu. Oka Sulaksana yang terbiasa tampil di RSX pun, turut pula menekuni nomor tersebut.

Bahkan, akan berlaga di kejuaraan IQ Foil di Thailand pada 19 Juli 2022. Oka ditargetkan masuk tiga besar. Dengan dipertandingkannya nomor itu di SEA Games 2023 setidaknya Oka sudah punya pengalaman dan punya kans membela Indonesia di SEA Games.

"Memang usia Oka tidak muda lagi, tapi IQ Foil tidak terlalu banyak menggunakan tenaga. Melainkan arah angin sehingga dia punya peluang turun di SEA Games," jelas Wayan Sujana. 

Begitu pula dengan kakak beradik Gede Subagiasa dan Komang Suartana. Mereka sering mengikuti sejumlah kejuaraan internasional. Gede Subagiasa pernah membela Indonesia di Asian Games 2014 Korea. Sedangkan Komang Suartana memperkuat tim Indonesia di Asian Games 2018 Indonesia.

Wajan Sujana sendiri optimistis ketiga atlet layar asal Pulau Dewata akan lolos seleksi. Lantaran mereka juga kerap menjalani latihan. Terakhir atlet asal Bali mengikuti SEA Games 2017 di Malaysia. Saat itu, Komang Suartana turun di kelas RS One, tetapi tidak berhasil memperoleh medali. 

Sementara di SEA Games 2019 Filipina, Indonesia menurunkan atlet junior. Hasilnya Indonesia membawa satu medali perunggu di kelas RSX atas nama Nenni Marlini. Di SEA Games 2021 Vietnam cabang olahraga layar tidak dipertandingkan. k22

Komentar