nusabali

Diskominfo Karangasem Pasang 18 Titik Wifi Gratis

  • www.nusabali.com-diskominfo-karangasem-pasang-18-titik-wifi-gratis

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Karangasem memasang 18 titik wifi gratis.

Targetnya memasang 217 titik wifi. Sebelumnya, 141 titik wifi gratis yang dipasang sejak tahun 2019 dicabut oleh rekanan per 1 Januari 2022. Nantinya juga ada tambahan 50 titik wifi di daerah blank spot.

Kadis Kominfo I Gede Ngurah Yudiantara menjelaskan, kontrak sebelumnya dari target 217 titik, rekanan baru memasang 141 titik. Akibat target tak tercapai, maka Pemkab Karangasem melakukan putus kontrak per 1 Januari 2022 sehingga jaringan internet gratis terputus. Yudiantara menambahkan, setelah berganti rekanan, maka seluruh peralatan diganti dan kembali mendata lokasi pemasangan wifi dengan target pemasangan tuntas pada Agustus nanti.

Itulah sebabnya, sejak Juli 2022 mulai dipasang satu persatu, sementara tuntas pemasangannya di 18 titik. Sasaran di 217 titik wifi itu di antaranya bale banjar, objek wisata, Puskesmas, dan lainnya. Dari 18 titik wifi yang tuntas dipasang yakni di Puskesmas Bebandem, Desa Adat Macang, Desa Adat Buana Tirta, Banjar Adat Bale Gede, Banjar Adat Kelodan, Banjar Adat Lebah, Banjar Adat Kastala, Desa Adat Bebandem, Banjar Adat Gumung, PAUD Nurul Jihad, Banjar Adat Tampuagan, Puri Agung Karangasem, Banjar Adat Asah Dulu, Desa Adat Bungaya, Banjar Adat Tohpati, Desa Adat Budakeling, Desa Adat Saren, dan Desa Adat Sibetan. “Pada akhirnya akan dipasang di 217 titik areal publik menggunakan fiber optik. Juga ada tambahan 50 titik di areal blank, sehingga pemasangan nanti total 267 titik," jelas Yudiantara.

Khusus untuk 50 titik tambahan itu dengan biaya dari APBD Kabupaten Karangasem sedangkan 217 titik biaya operasionalnya dari Provinsi Bali melalui program BSI (Bali Smart Island).

Sebelumnya, dari target 141 titik wifi telah terpasang dan menjangkau 121 banjar, termasuk di 9 objek wisata dan 11 Puskesmas. Objek wisata yang dipasang wifi gratis yang ada fasilitas gedung untuk tempat  server wifi.

Target pasang di objek wisata sebanyak 15 objek wisata, sempat terpasang di 9 titik wifi, sedangkan target pasang di 12 Puskesmas sebelumnya telah terpasang di 11 Puskesmas, hanya di Puskesmas Rendang tidak bisa dipasang karena jaringannya krodit.

Disinggung, untuk Objek Wisata Telaga Waja, Banjar Langsat, Desa/Kecamatan Rendang dan Objek Wisata Putung,  Banjar Putung, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat tidak bisa dipasang jaringan internet karena tidak ada fasilitas gedung sebagai penunjangnya. Menurut Yudiantara, untuk jangka panjang agar internet gratis terpasang di 190 desa adat yang mewilayahi 715 banjar adat.

Berdasarkan survei, paling banyak belum terjangkau internet di Kecamatan Kubu yakni sebanyak 53 banjar yang tersebar di 8 desa, disusul Kecamatan Selat sebanyak 51 banjar tersebar di 8 desa, Kecamatan Karangasem sebanyak 25 banjar di 4 desa, Kecamatan Manggis sebanyak 17 banjar di 4 desa, Kecamatan Rendang sebanyak 19 banjar di 4 desa, Kecamatan Abang di 16 banjar di 5 desa, Kecamatan Bebandem di 15 banjar di 3 desa dan Kecamatan Sidemen di 3 banjar di 2 desa. *k16

Komentar