nusabali

Tim Wushu Indonesia Urutan Tiga World Games

  • www.nusabali.com-tim-wushu-indonesia-urutan-tiga-world-games

JAKARTA, NusaBali
Tim Indonesia finis di peringkat ketiga dengan membawa pulang satu medali emas dan dua perak pada World Games, di Birmingham Southern Court, Alabama, Amerika Serikat, 7-17 Juli.

Indonesia yang sehari sebelumnya meraih satu emas dan satu perak,  menutup pertandingan hari terakhir dengan tambahan satu perak melalui atlet wushu putri Nandira Mauriskha dari nomor Cangquan.

Atlet wushu Chin Lai Xiaoxiao berhak atas medali emas setelah menampilkan gerakan dengan tingkat kesulita tinggi. Sedangkan medali perunggu jatuh ke tangan Michele Santos dari Brasil.

Perolehan satu emas dan dua perak ini lebih baik dibandingkan edisi sebelumnya pada World Games 2013 di Kolumbia, saat Lindswel Kwok meraih 1 emas dan Ivana Ardelia Irmanto hanya mendapat 1 perunggu.

Adapun China masih mendominasi cabang olahraga wushu pada World Games 2022 dengan 4 emas, sedangkan tuan rumah Amerika Serikat berada di peringkat kedua dengan 2 emas.

Manajer tim wushu Indonesia Iwan Kwok mengatakan para pemain sudah menunjukkan penampilan yang maksimal. Edgar Xavier Marvelo, misalnya yang tadinya gagal di SEA Games 2021 Vietnam namun kini mampu meraih medali emas Changquan putra. Begitu juga Haris Horatius yang meraih perak nomor Nangun + Nanquan putra.

“Sedangkan Alisyah Mellynar masih terlihat demam panggung karena gerakannya masih goyang saat tampil membawakan nomor Taijijian dan Taijiquan. Ini cukup dimaklumi karena Alisyah merupakan atlet junior yang masuk ke senior dan baru pertama tampil di Kejuaraan Dunia Wushu," jelas Iwan Kwok, Kamis.

Sementara itu, pelatih wushu Indonesia Novita mengatakan akan mendatangkan psikolog guna memberikan pembekalan bagi para atlet yang akan tampil dalam kejuaraan internasional. Selain mental, persiapan fisik juga harus ditingkatkan, demikian pula dengan penyempurnaan gerakan.

World Games adalah acara multicabang internasional empat tahunan yang mempertandingkan cabang dan disiplin olahraga yang tidak dipertandingkan pada Olimpiade Musim Panas. *ant

Komentar