nusabali

Pelantikan Kadis Kesehatan Badung Belum Dijadwalkan

  • www.nusabali.com-pelantikan-kadis-kesehatan-badung-belum-dijadwalkan

MANGUPURA, NusaBali
Siapa yang duduk menjadi Kadis Kesehatan Badung masih teka-teki. Walaupun proses seleksi sudah rampung, namun Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta belum memberi isyarat, kapan pelantikan akan dilakukan, termasuk siapa yang akan dipilih.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Badung I Gede Wijaya, saat dikonfirmasi terkait hal ini, Kamis (14/7), belum bisa memastikan kapan jadwal pelantikan Kadis Kesehatan hasil seleksi yang telah dilakukan. Kata dia, hingga kemarin belum ada instruksi dari bupati untuk menggelar pelantikan.

“Pelantikan (Kadis Kesehatan Badung, Red) belum. Sampai saat ini dari Bapak Bupati belum ada petunjuk,” kata Wijaya melalui sambungan telfon Kamis petang kemarin.

Untuk rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sebetulnya sudah keluar. Tinggal sekarang menunggu jadwal pelantikan saja dari bupati. “Rekomendasi sudah keluar, tinggal menunggu petunjuk saja dari Bapak Bupati. Tapi sampai sekarang belum,” kata birokrat asal Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara.

Mengenai siapa yang nanti dipilih oleh bupati, juga sampai saat ini masih teka-teki. Kewenangan mutlak siapa yang dipilih sebagai Kadis Kesehatan Badung, ada di tangan bupati.

Sekadar mengingatkan, seleksi jabatan pimpinan tinggi pertama (Eselon II.b) untuk kursi Kepala Dinas Kesehatan Badung sudah rampung. Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada dr Made Padma Puspita SpPD, menduduki peringkat pertama dari hasil seleksi tersebut.

Sesuai berita acara Pansel No : 09/PANSEL-JPT/2022 tentang Penentuan Hasil Akhir Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pertama (Eselon II.b), posisi kedua ditempat dr Ni Luh Ketut Ayu Ratnawati MKes dengan perolehan nilai 82,35. Sementara di ketiga yakni dr I Made Suwardika, Dokter Ahli Madya Rumah Sakit Daerah Mangusada dengan total nilai 77,54.

Pemkab Badung membuka seleksi terbuka untuk mengisi kekosongan kursi Kadis Kesehatan setelah ditinggal dr Nyoman Gunarta, yang kini menempati posisi baru sebagai Kadis Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A). Untuk sementara ditunjuk Dirut RSD Mangusada dr I Wayan Darta sebagai pelaksana tugas (Plt) Kadis Kesehatan.

Pengumuman seleksi telah dibuka resmi pada 10 Juni 2022. Sama seperti sebelumnya, seleksi eselon II bersifat terbuka untuk siapapun, dengan catatan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah Provinsi Bali dan kabupaten/kota se-provinsi Bali serta memenuhi persyaratan. *asa

Komentar