nusabali

Tolak Pemekaran Provinsi, Elemen Papua Gelar Aksi di Denpasar

  • www.nusabali.com-tolak-pemekaran-provinsi-elemen-papua-gelar-aksi-di-denpasar

DENPASAR, NusaBali.com - Puluhan massa aksi yang terdiri dari mahasiswa asal Papua yang menamakan diri Petisi Rakyat Papua Wilayah Bali menggelar demonstrasi di kawasan Renon, Denpasar, Kamis (14/7/2022) siang.

Para pendemo menyampaikan ketidaksetujuannya dengan pengesahan tiga Rancangan Undang-Undang (RUU) antara lain Daerah Otonomi Baru (DOB) tentang Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan menjadi Undang-Undang (UU), yang telah disahkan DPR RI pada akhir Juni lalu.

Dalam unjuk rasa itu, mereka menganggap pembahasan RUU tentang DOB tanpa melibatkan suara rakyat Papua. “Rakyat Papua menyadari bahwa pemekaran telah direncanakan, lantas rakyat Papua dengan sadar menolak otonomi khusus, sebab diberikan oleh Jakarta untuk meredam gerakan rakyat Papua,” kata Jefry Kosay, Koordinator Aksi dalam orasinya.

Disebutkan bahwa hadirnya DOB dan pemekaran hanya menguntungkan para pemilik modal. “Akar masalah ini yang mesti diselesaikan, daerah otonomi baru, tidak akan pernah menyelesaikan seluruh persoalan yang ada di Papua,” ujarnya.

Dalam aksi yang berlangsung selama kurang lebih sejam tersebut mendapat pengawalan secara humanis dari aparat  Polresta Denpasar, pecalang, Linmas dan Satpol PP.*aps

Komentar